[Diet Asam Urat]
Retno Arinto Dewi
Bahan makanan yg tinggi purin
12:05 17/04/2021
Retno Arinto Dewi
Bagus
12:05 17/04/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Retno, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Berikut bahan makanan yang mengandung purin tinggi :
otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, ekstrak daging/kaldu, bebek, ikan sarden, makarel, remis, kerang.
Bahan2 tersebut sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat.
Sedangkan bahan makanan yang dibatasi adalah :
- daging maksimal 50-75 gram (1-1,5 potong) sehari
- ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, ayam, udang, tahu, tempe maksimal 50 gram sehari
- kacang kering maksimal 25 gram sehari
- bayam, kangkung, daun singkong, daun dan biji melinjo, jamur, kembang kol, buncis, kacang polong, kapri maksimal 100 gram sehari
Bahan makanan yang mengandung purin sedikit (dapat diabaikan), sehingga dapat dikonsumsi setiap hari :
nasi, ubi, singkong, jagung, roti, mie, bihun, tepung beras, cake, kue kering, puding, susu, keju, telur, lemak dan minyak, gula, sayuran (selain yg sudah saya sebutkan di atas) dan buah2an.
Semoga membantu ya kak 😊
10:36 18/04/2021