[Lainnya......]
Aulia Marsela
Izin mau bertanya kak, menu makanan untuk penderita pankreatitis kronis seperti apa kak ? terimakasih 🙏
07:43 19/04/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terimakasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Pada kasus pankrestitis kronik diet yang diterapkan adalah diet rendah lemak dengan 6 kali makan porsi kecil. Makanan yang dianjurkan seperti :
- Kacang-kacangan, daging tanpa kulit tanpa lemak (berwarna putih), buah tinggi antioksidan (blueberry, stroberi, anggur, mangga, dan delima), sayuran hijau atau berwarna cerah seperti bayam, brokoli, wortel, tomat dll yang diolah kuah atau bening.
- Susu yang dikonsumsi adalah jenis susu rendah lemak atau produk alternatif pengganti susu.
Yang perlu dihindari untuk kondisi pankreatitis kronis :
Gorengan, produk susu tinggi lemak, daging merah berlemak, jeroan sapi kambing dan ayam, minuman atau makanan dengan gula tambahan, mayones, margarin dan mentega.
11:54 05/02/2022