[Diet Diabetes Mellitus]
NI WAYAN TIRTA
Diet apa yang diberikan
10:34 20/04/2021
Eka Sariningsih, S.Gz ahligizi
Selamat Siang Kak Ni Wayan Tirta š„°
Terima Kasih sudah bertanya di Dietducate š
Enam langkah makan sehat bagi penderita diabetesĀ diantaranya :
Makan tiga kali sehariĀ dan jangan lewatkan waktu makan
Lengkapi setiap porsi makan dengan makanan karbohidrat yang lebih kompleksĀ meliputi roti gandum, oat, dan kentang.
MakanĀ lebih banyak buah dan sayuran. Makan 3 ā 5 porsi sayur sehari secara perlahan namun teratur.
Kurangi gula dan makanan manis. Diet bebas gula tidak perlu benar- benar dipatuhi dengan ketat, gula dapat dipakai sebagai salah satu bahan didalam makanan, misalnya didalam sereal sarapan gandum utuh. Konsumsi maksimum gula sebesar 5% dari total kebutuhan energi sehari. Minuman manis dapat diganti dengan minuman bebas gula.
Kurangi garamĀ dengan membatasi jumlah asupan makanan olahan serta garam tambahan. Rempah dan bumbu dapat digunakan sebagai alternatif.
Dalam melaksanakan diet, penderita DM tipe 2 harus mengikuti anjuranĀ 3J, yaitu jumlah makanan, jenis makanan dan jadwal makanan.
Jenis dan jumlah makanan yang banyak mengandung gula serta jadwal makan yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar gula darah.
Jangan lupa aktifitas fisik karena berperan dalam pengaturan kadar gula darah.
Sekian jawaban dari saya, semoga dapat memberikan pencerahan ya kak š dan sehat selalu š
10:53 20/04/2021