[Masalah Berat Badan]
Ratu
Halo ibu/bpk
saya mau konsultasi
Tiba2 berat badan saya dlam wktu 3an naik 4kg
Padahal makan saya tidak banyak
Cuma akhir2 ini suka pusing dan merasa capek.
Dan bawaannya klau pagi sangat mengantuk..
Berat badan saya sekarang 64kg tnggi 161 cm
Saya ingin menurutkan berat badan saaya smpe 52kg
Mohon bantuannya
Terimakasih
21:02 27/12/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo Ratu,
Berdasarkan perhitungan, Indeks massa tubuh (proporsi bb thd tb) masih dalam range normal, namun tidak ada salahnya juga menurunkan berat badan.
Untuk bisa turun berat badan, perlu pengaturan kalori/energi yang masuk selama sehari. Silahkan menghitung kebutuhan energi di link berikut ya http://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi #
tinggal memasukkan jenis kelamin, umur, bb, tb, dan tingkat aktivitas. Kira-kira untuk diet 2100 kalori, pola makannya adalah sbb:
1. Makanan pokok/karbohidrat 5 porsi
2. Sayuran 4 porsi
3. Buah 3 porsi
4. Protein nabati 3 porsi
5. Protein hewani 3 porsi
6. Low fat milk 1 porsi
7. minyak goreng maksimal 3 sdm sehari (jika lebih, maka harus mengurangi porsi protein hewaninya)
8. Gula maksimal 4 sdm sehari (jika lebih, maka harus dikurangi porsi karbohidrat)
Dan jangan lupa untuk membatasi gula dan lemak karena padat energi. Upayakan untuk lebih banyak mengganti cemilan dengan buah/sayur.
Terima kasih,
Good luck and stay healthy! :)
22:57 27/12/2017