[Diet Maag (Gastritis)]
Ibni Shohibil Yuddi
Salam kak. Semoga kakak sehat selalu. Sebelumnya saya pernah mencoba beberapa metode diet, tapi rata-rata setelah seminggu semuanya gagal karena maag saya mulai ada indikasi kambuh, jadi saya hentikan. Jadi jika saya ingin memulai kembali, hal apa saja yang perlu saya lakukan ya kak? Btw sekarang tinggi saya sekitar 180 dan bb saya udah 120.
01:46 21/04/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo Kak Ibni, salam :) Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan, saya bantu jawab ya. Diet penurunan berat badan tidak harus menyiksa kok, diet juga bukan berarti tidak makan sama sekali. Maag dapat kambuh ketika lambung dalam keadaan kosong atau terpicu oleh makanan jenis tertentu, artinya perut harus selalu dalam keadaan terisi dan pilihan konsumsi makanan harus tepat. Konsumsi makanan secara teratur dengan porsi kecil namun sering dan pilih makanan yang tidak merangsang pencernaan. Selengkapnya Kak Ibni dapat melihat artikel ini ya: https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-gastritis-maag/ Lalu untuk diet penurunan berat badan, Kak Ibni harus mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi di bawah kebutuhan energi/kalori harian (sering disebut defisit kalori) dan meningkatkan aktivitas fisik sebagai pembakaran energi agar berat badan dapat turun. Penurunan berat badan ini juga diniatkan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, sehingga tujuannya untuk jangka panjang. Untuk mengetahui kebutuhan energi harian, Kak Ibni bisa menggunakan aplikasi Dietducate di menu Kalkulator Gizi, lalu hitung kebutuhan energi per hari sesuai kondisi saat ini kemudian kurangi hasilnya dengan 500-1000 kkal, namun pengurangan tersebut harus di atas kalori kebutuhan energi basal. Pengurangan ini yang disebut defisit kalori. Kemudian, Kakak mulai catat makanan Kakak sehari-hari dalam menu Meal Plan di aplikasi Dietducate. Dari situ, Kakak bisa mengetahui perkiraan berapa kalori yang dikonsumsi hari ini, apakah sesuai dengan rencana defisit kalori atau masih berlebih. Selain itu, Kak Ibni juga perlu meningkatkan aktivitas fisik untuk membantu proses penurunan berat badan dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit/hari minimal 5 kali dalam seminggu. Aktivitas fisik yang dipilih dapat disesuaikan dengan kemampuan, contohnya: jalan kaki, jalan cepat, bersepeda, lari, high intensity interval training (HIIT), yoga, berenang, dan lain sebagainya. Mengerjakan pekerjaan rumah, bersih-bersih rumah, atau berkebun, juga boleh dilakukan agar aktivitas lebih meningkat. Berikut ini saya lampirkan artikel terkait diet penurunan berat badan: https://ahligizi.id/blog/2020/04/24/menurunkan-berat-badan-secara-alami/ Demikian jawaban dari saya untuk Kak Ibni. Semoga dapat membantu, tetap semangat untuk hidup yang lebih sehat! :)
05:20 21/04/2021