[Bayi & Balita]
rizkia psychology
Anak saya usia 3tahun 6 bulan bbnya 14.4 setiap bulan naik 1-2ons tp kadang juga turun, sepertjnya susah naiknya. Apakah untuk usia segitu normal bbnya?
04:32 24/04/2021
LIBNA FAIHA F, S. Gz ahligizi
Selamat Pagi Ibu Rizkia Psychology, terimakasih telah bertanya di aplikasi Dieducate.
Perlu diketahui bahwa status gizi anak ada 3, yakni BB/TB; BB/U dan TB/U sesuai dengan jenis kelaminnya dan usia balita. Melihat dari yang Ibu tanyakan, hanya terdapat data BB saja, maka disini dapat kita lihat untuk usia 3 tahun 6 bulan dengan berat 14.4 kg, BB menurut Usia (BB/U) dapat dikatakan normal baik pada anak laki - laki maupun perempuan.
Meskipun tampak normal, kita perlu waspada untuk tetap meningkatkan berat badan anak, karena jika anak tidak naik sekali bahkan bulan selanjutnya tidak naik lagi maka kita perlu mengevaluasi penyebab ketidak naikan sesuai KBM anak, untuk mencegah penurunan status gizi seperti stunting, berat badan kurang, dsb. Untuk Kenaikan BB anak setiap bulan minimal 200 gram sesuai dengan KBM di Buku KIA Anak.
Semoga jawaban dari saya dapat membantu Ibu ya, sehat selalu...
20:53 10/06/2021