[Lainnya......]
anonim
Kenapa saya sering keputihan
15:14 29/04/2021
Hallo Kak,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
_Penyebab Keputihan
Keputihan yang dialami setiap wanita berbeda-beda, mulai dari jumlah cairan yang keluar hingga warna dan tekstur cairan. _Keputihan normal terjadi setidaknya 6 bulan sebelum seorang wanita mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh.
_Selain karena perubahan hormon, keputihan juga akan normal keluar saat wanita mendapatkan rangsangan seksual, sedang menyusui, atau stres.
Sementara itu, keputihan yang tergolong tidak normal disebabkan oleh vulvovaginitis, atau servisitis akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur. Selain infeksi, keputihan juga dapat menjadi tanda dari kanker rahim atau leher rahim.
_Bila keputihan yang dialami merupakan pertanda dari kanker rahim, maka mungkin dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan histerektomi atau bedah pengangkatan rahim.
_Sebelum mengambil langkah ini, ada baiknya Anda tanyakan terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan prosedur tersebut dengan dokter.
_Ada beberapa faktor yang membuat seorang wanita rentan mengalami infeksi vagina dan menimbulkan keputihan, antara lain:
Konsumsi pil KB dan obat kortikosteroid.
Menderita penyakit diabetes.
Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan sering berganti pasangan.
Menurunnya sistem kekebalan tubuh, misalnya penyakit HIV.
Terdapat iritasi di dalam atau sekitar vagina.
Menipisnya dinding vagina akibat menopause.
Terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan semprotan air.
Menggunakan sabun atau losion yang mengandung parfum atau pewangi.
_Pencegahan Keputihan > Langkah utama untuk mencegah keputihan abnormal adalah menjaga kebersihan area kewanitaan agar terhindar dari risiko infeksi. Cara yang bisa dilakukan yaitu:
Bersihkan vagina dengan sabun dan air hangat setelah buang air kecil atau besar serta berhubungan seks, kemudian keringkan. Cara ini dilakukan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina dari dubur.
Hindari menyiram atau membersihkan vagina dengan semprotan air. Cara ini berisiko menghilangkan bakteri baik yang melindungi vagina dari infeksi.
Gunakan celana dalam berbahan katun untuk menjaga kelembapan pada area kewanitaan. Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat.
Hindari menggunakan sabun atau produk kewanitaan yang mengandung parfum, karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada vagina.
Jagalah kebersihan vagina selama menstruasi dengan mengganti pembalut setidaknya setiap 3-5 jam sekali.
Tidak berganti pasangan seksual atau menggunakan kondom agar terhindar dari risiko infeksi menular seksual.
Lakukan pemeriksaan kesehatan vagina secara rutin kepada dokter kandungan.
14:52 05/02/2022