[Bayi & Balita]
anonim
Anak saya usia 19 bulan , 3 bulan terakhir bb tidak naik dan stage di 10 kg makan ya tidak bgtu susah dan suka ngemil apakah perlu nafsu makan ?
11:31 02/05/2021
LIBNA FAIHA F, S. Gz ahligizi
Selamat malam Bapak/Ibu, terimakasih telah bertanya di aplikasi Dieducate. Tidak bertambahnya berat badan anak selama 3 bulan bahkan lebih dapat mengakibatkan penurunan status gizi. Pada usia tersebut peningkatan berat badan setiap bulannya minimal 200gram per bulan. Jika sudah tiga bulan tidak ada peningkatan maka, hutang berat badan yang harus dikejar yakni 600gram dari berat badan normal terakhir timbang. Pahami pula, cek apakah anak tidur tepat waktu, apakah anak tidur sudah sesuai dengan jam tidur yang seharusnya, karena jika balita ikut begadang, maka jam makan pun akan berubah karena bangun akan telat. Balita yang susah makan padahal sudah banyak dilakukan cara agar anak mau mengonsumsi makanan yang telah buat, maka pahami, apa yang kurang tepat dalam pemberian makanannya. Permasalahan yang dapat dicari dari bagaimana rasa yang disajikan, beragam kah bahan makanan yang digunakan, cara pemasakan nya mononton (ex: tumis saja dari pagi - malam selama beberapa hari), atau dari yang disajikan kurang menarik, atau bisa jadi karena konsumsi cemilan/susu yang berlebihan sehingga anak malas makan. Jika seperti itu, maka dapat kita ubah model makanan yang diberikan seperti nasi dicampur dengan tumis potongan sayur dan telor orak - arik yang kemudian di bentuk bundar2 , goreng dengan tepung panir. Memberikan makanan anak dengan motif / model yang mereka sukai dan tidak umum, akan membuat anak tertarik untuk mencoba dan bisa jadi ketagihan. Semoga jawaban dari saya dapat membantu Bapak/Ibu ya, sehat selalu..
20:08 10/06/2021