[Diet Hipertensi ( Darah Tinggi)]
Teh Tawar
Halo, orang tua saya usia 59 thn sedang dalam masa pengobatan agar jantung dan darah tingginya terkendali. Bagaimana ya pola makan yang tepat agar sesuai kebutuhan tubuh dan tetap bugar?
04:33 08/05/2021
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
Hai, terimakasih sudah bertanya.
utk diet hipertensi, frekuensi makan tetap sama 3x utama dan 2x selingan.
utk makanan utama batasi asupan makanan berpengawet, penambahan garam, serta makanan olahan yg mengandung tinggi garam seperti sosis, kornet, makanan kalengan, mi instan.
utk selingan batasi asupan kafein terutama pada kopi, teh, dan coklat.
hindari rokok dan alkohol.
lakukan aktifitas fisik min 30 menit per hari.
atur pola tidur 8 jam per hari.
tingkatkan konsumsi sayur dan buah terutama yg mengandung tinggi kalium utk membantu menurunkan TD misalnya semangka, melon, tomat, dll
terimakasih
16:38 10/10/2021
Teh Tawar
terima kasih atas jawabannya pak Winka
05:39 30/01/2022