[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Bagaimana cara diet yang benar untuk anak remaja seperti saya?
18:25 17/05/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo, Kak :) Terima kasih atas pertanyaannya ya. Untuk anak dan remaja, sebaiknya tidak melakukan diet ekstrem karena masih dalam masa pertumbuhan yang membutuhkan banyak asupan makanan bergizi. Sebaiknya lakukan diet gizi seimbang dan menjalani pola hidup sehat ya. Kami pernah membahas tentang diet pada remaja secara lebih lengkap dalam artikel ini: https://ahligizi.id/blog/?p=63 Semoga membantu ya Kak, dan semoga sehat selalu :)
20:13 20/05/2021
anonim
Oke kak terima kasih, aku mau konsultasi diet dong kak
12:01 21/05/2021
Baik Kak, adakah hal lain yang ingin ditanyakan secara spesifik?
12:11 21/05/2021
anonim
Nah saya bingung kak, kan saya ini suka olahraga seperti sepeda tiap hari, tpi kok berat badan saya susah turun? pdhl makan juga disesuaikan sama kalorinya
12:17 21/05/2021
Baik Kak, mungkin ada dua hal yang perlu dievaluasi untuk saat ini: 1. Disampaikan bahwa makanannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kalorinya, namun apakah proporsi zat gizi makro sudah tepat? Pembagian persen pemenuhan zat gizi makro yang sering digunakan adalah 50 – 60% karbohidrat, 30 – 35% lemak, dan 10 -15% protein. Apakah sudah terpenuhi dengan baik? Apakah sumber makanan yang dipilih juga sudah tepat? Mungkin hal itu perlu dievaluasi lebih lanjut Kak, sehingga tidak hanya terpaku pada jumlah kalorinya saja namun juga harus memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Misalkan seseorang memiliki kebutuhan 2000 kkal/hari dan dalam sehari sudah tercukupi kebutuhan tersebut. Namun ternyata 700 kkal yang dikonsumsi berasal dari junk food, maka meskipun sudah terpenuhi 2000 kkal sesuai dengan kebutuhannya, tetap saja makanan yang dikonsumsi bukan makanan yang kaya akan zat gizi. 2. Bersepeda merupakan salah satu contoh olahraga cardio atau aerobik. Sebaiknya jika tujuannya ingin menurunkan berat badan, imbangi olahraga cardio dengan strength training/resistance training. Contohnya antara lain push-up, squat, lunges, dan lain-lain. Pembakaran kalori karena strength training masih terus berlanjut selama beberapa waktu meskipun latihannya sudah selesai, dan strength training ini dapat meningkatkan massa otot. Kombinasi dari latihan cardio dan strength yang tepat akan lebih mudah membantu penurunan berat badan. Semoga membantu ya, Kak :)
22:54 21/05/2021
anonim
Yang nomor 1 aku susah kak buat makan yang bergizi karena ortu saya belinya makanan gorengan mulu
03:45 22/05/2021
anonim
Jadi susah kak buat makan dengan zat gizi makro yang tepat?
03:47 22/05/2021
Saya memahami bahwa memang sulit untuk mengubah kebiasaan pola makan yang selama ini sudah dijalani, maka sebaiknya kurangi dan batasi secara perlahan saja untuk makanan yang kurang bergizi. Tingkatkan juga konsumsi buah dan sayur untuk pemenuhan serat, serta vitamin dan mineral (zat gizi mikro) ya. Untuk mengetahui apakah sudah memenuhi kebutuhan zat gizi makro dan mikro harian, bisa dicoba menggunakan fitur pencatatan makanan dari aplikasi Dietducate di menu Meal Planner. Pola hidup dan pola makan yang sehat itu sebuah proses panjang yang harus terus menerus dilakukan dengan tujuan "sehat dan bugar", bukan hanya sekedar untuk menurunkan berat badan. Jika nanti setelah berat badan sudah mencapai ideal namun kebiasaan pola hidup dan pola makan kembali lagi seperti semula, kemungkinan berat badan juga bisa naik lagi. Oleh karena itu, dinikmati saja prosesnya untuk hidup sehat dan makan yang sehat, prosesnya boleh pelan namun pasti. Dalam satu minggu turun 0,5 - 1 kg itu sudah baik dan dikategorikan penurunan berat badan yang sehat. Ingat ya, karena masih remaja (meskipun jika sudah dewasa pun juga) sebaiknya jangan melakukan diet yang ekstrem, apalagi mengkonsumsi produk-produk tertentu yang "dipercaya" dapat menurunkan berat badan karena banyak efek samping yang dapat muncul di kemudian hari. Semoga penjelasan saya membantu ya Kak, semangat! :)
20:28 22/05/2021