[Anak Sekolah & Remaja]
Nova Ilmiani
kak gmn cara biar punya badan ramping tapi ditengah tengah kesibukan jadi jarang tidak pernah olahraga
19:24 29/05/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Nova, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Badan yang ramping di antaranya bisa diperoleh dengan keseimbangan energi, yakni energi yg dikeluarkan (dalam bentuk aktivitas fisik dan olahraga) harus lebih besar dari energi yang masuk (dari makanan dan minuman).
Pilih makanan yg tinggi protein, rendah lemak, tinggi serat.
Untuk porsi makan utama, kakak bisa ikuti model Isi Piringku, yakni dlm sekali makan ada sumber karbohidrat, lauk pauk, sayur, buah.
Jumlah sayur yg setara dgn sumber karbohidrat (masing-masing 2/3 piring dari piring yg dibagi dua) dan jumlah buah setara lauk pauk (masing-masing 1/3 piring dari piring yg dibagi dua).
Dalam sehari kakak bisa makan 3x makan utama dan 2x makan selingan di antara makan utama.
Untuk selingan, utamakan tinggi serat atau tinggi protein dan rendah lemak, seperti buah2an, susu, yogurt.
Nah untuk olahraga sebaiknya tetap kakak lakukan ya. Tidak perlu langsung yang berat2 di awal, asalkan konsisten.
Kakak bisa pilih olahraga resistance training yg gerakannya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah.
Semoga membantu ya kak 😊
10:35 03/06/2021