[Lainnya......]
anonim
Bagaimana diet pasien dengan sirosis hati ada asisten dan odema serta kehilangan nafsu makan?
12:29 04/06/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo Kak, terima kasih atas pertanyaannya. Diet pada pasien sirosis hati dengan asites dan edema memiliki beberapa syarat, antara lain: 1. Konsumsi energi tinggi yang berasal dari makanan tinggi karbohidrat, agar mencegah pemecahan protein. Pilihlah karbohidrat kompleks. 2. Konsumsi lemak cukup, yaitu sekitar 20-25% dari kebutuhan energi total dalam bentuk yang mudah dicerna. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng atau dibakar dan dipanggang dengan minyak. 4. Konsumsi protein agak tinggi agar terjadi anabolisme protein (yaitu proses pembentukan protein dari asam amino). Kebutuhan protein harian ditentukan berdasarkan kondisi masing-masing pasien. 5. Hindari makanan asin atau tinggi garam (yang mengandung natrium) dan batasi konsumsi cairan. Hal ini berkaitan dengan kondisi asites dan edema. 6. Cukup vitamin dan mineral dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang beragam. 7. Makanan diberikan dalam porsi kecil dan diberikan sering, dengan bentuk makanan yang mudah dicerna karena nafsu makan berkurang. Hal-hal yang saya sebutkan di atas adalah syarat secara umum untuk diet hati. Sebaiknya segera berkonsultasi langsung dengan ahli gizi di rumah sakit tempat pasien dirawat, agar diet dapat disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan toleransi pasien saat ini. Semoga membantu ya, Kak :)
15:54 04/06/2021