[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
nazmi sampurno
Kak apa betul kalo kita sering konsumsi telur bisa buat bisulan?
17:15 04/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Nazmi, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊 Mitos ya kak. Ini kepercayaan turun temurun sejak dulu karena ada juga yang kebetulan jadi bisulan setelah makan telur. Sejauh ini belum ditemukan penelitian terkait hubungan makan telur dengan kejadian bisulan. Apa mungkin bisulan itu gejala alergi telur? Dari penelitian yang kami temukan ternyata gejala alergi telur adalah muntah, sakit perut, diare, ruam2 kulit. Jadi, apa itu bisul? Bisul adalah benjolan pada kulit yang berisi nanah karena infeksi bakteri di folikel rambut atau kelenjar minyak dlm kulit. Bisul bisa terjadi pada siapapun, khususnya yang punya sistem imun yang rendah atau kebersihannya kurang terjaga. Semoga membantu kak 😊
04:54 05/06/2021
nazmi sampurno
Terimakasih kak
05:57 05/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
sama2 ya kak 😊
06:49 05/06/2021
nazmi sampurno
Kak apakah penyakit assm Lambung sama penyakit maag beda ya?
13:06 05/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Beda kak. Maag itu sebenernya bukan penyakit, tapi gejala dari suatu penyakit. Dalam dunia medis, maag dikenal dengan istilah dispepsia. Maag (dispepsia) adalah keadaan nyeri atau perasaan tidak nyaman di ulu hati yang terjadi secara berulang, misal akibat telat makan beberapa kali dalam jangka waktu lama, bukan hanya 1 atau 2 kali. Keadaan nyeri ini bisa terjadi akibat kosongnya lambung karena tidak ada makanan yang masuk pada jam dimana lambung bekerja. Sehingga asam lambung yang seharusnya mengenai makanan, malah menimpa membran mukosa yang melapisi dinding lambung. Gejala maag di antaranya nyeri ulu hati, mual, sendawa, kembung, rasa cepat kenyang, perut terasa penuh (begah). Jadi, ketika seseorang mengalami maag harus segera ditangani agar tidak berlanjut ke penyakit lainnya. Kalau penyakit asam lambung adalah gangguan ketika asam yang diproduksi lambung naik (reflux) ke kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa sakit di dada. Dalam dunia medis, penyakit asam lambung dikenal dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Gejala GERD adalah maag yang disertai naiknya asam lambung dan adanya rasa terbakar di dada.
11:48 06/06/2021
nazmi sampurno
Trus kak untuk penyakit lambung ada gak makanan yg harus kita hindari ?
10:27 07/06/2021
nazmi sampurno
Atau makanan yg harus kita konsumsi?
10:28 07/06/2021
nazmi sampurno
Sama maag juga ada makanan yg harus di konsumsi atau di hindari?
10:29 07/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Maag dan asam lambung menyerang saluran cerna bagian atas, sehingga prinsip pengaturan makannya sama, yakni : - makanan dalam bentuk lunak dan mudah cerna - tidak mengandung bumbu yang tajam seperti cabe, bawang, merica, cuka - hindari makanan berlemak - hindari sayuran yang mengandung gas seperti sayuran mentah, kol, sawi, lobak, kacang panjang, daun singkong - hindari buah yang mengandung gas seperti durian, nangka, kedondong, jambu biji, nanas, apel, buah kering kakak bisa baca artikel kami juga disini : https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-gastritis-maag/
21:58 07/06/2021
nazmi sampurno
Oke kaka terimakasih
06:35 09/06/2021
nazmi sampurno
Kak kalau TTD di konsumsi pada waktu kapan? Kayak kita istirahat siang atau sebelum tidur malam kita minum TTD ?
06:36 09/06/2021
nazmi sampurno
Trus kak snack atau Selingan yg sehat itu yg mana sja?
10:12 09/06/2021