[Lainnya......]
anonim
Malam, Ibu. Saya mau tanya, saya kan mau ada ngejalanin diet 3x sehari makan super bubur yang kalorinya 170 kkal, nah apabila super buburnya ditambahin kecap apa kalorinya nambah atau tetep saja seperti itu ya, Bu? Kalo nambah kira² jadi berapa kalori ya Ibu untuk super bubur + kecap? Terimakasiii
20:59 05/06/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo Kak, selamat malam. Terima kasih atas pertanyaannya ya :) Berdasarkan pertanyaan ini, berarti hanya makan super bubur 3 kali sehari. Apakah benar begitu? Kalau iya, maka dihitung total kalori dalam sehari berdasarkan konsumsi super bubur tersebut, hasilnya 3 x 170 kkal = 510 kkal. Diet dengan jumlah kalori sekitar 500 kkal ini tergolong diet ekstrim, yaitu very low calorie diet (VLCD), dan diet ini HARUS diawasi ketat oleh tenaga kesehatan karena sebenarnya memang dikhususkan untuk kondisi kesehatan tertentu. Diet ekstrim ini tidak dapat mencukupi kebutuhan Basal Metabolic Rate (BMR), yaitu energi yang dibutuhkan untuk kebutuhan vital kita (otak berpikir, jantung berdetak, paru-paru bernafas, dsb). Konsumsi super bubur saja hanya akan menyumbang mayoritas zat gizi berupa karbohidrat, sedangkan kita juga sangat membutuhkan protein, lemak, vitamin, dan mineral dari berbagai macam sumber makanan lainnya. Sebaiknya, pilih diet yang tidak ekstrim ya Kak. Untuk diet penurunan berat badan, Kakak boleh coba untuk mempelajari artikel ini: https://ahligizi.id/blog/?p=75 Hasilnya mungkin memang tidak akan secepat penurunan berat badan dengan metode diet ekstrim, namun efek jangka pendek dan jangka panjangnya akan lebih minim dan tentunya akan lebih sehat dibandingkan dengan melakukan diet ekstrim. Disarankan pula untuk dapat berkonsultasi dengan ahli gizi, agar mendapatkan pengaturan diet yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dari Kakak saat ini. Untuk pertanyaan apakah penambahan kecap akan menambahkan kalori; iya Kak, kalori akan bertambah dengan penambahan kecap. 1 sdm kecap memiliki kalori ±60 kkal, tergantung merek dan jenis kecapnya. Kakak bisa memperhatikan bagian nilai gizi di kemasan kecap tersebut untuk mengetahui detailnya ya. Semoga terbantu dengan jawabannya ya Kak, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami :) Semoga sehat selalu, Kak!
22:17 05/06/2021
anonim
Baik, Kak. Terimakasiii 😁
12:06 06/06/2021
Iya Kak, sama-sama 😊 Senang bisa membantu.
12:15 06/06/2021