[Masalah Berat Badan]
anonim
Selamat sore dok, mau tanya, bbrp minggu ini saya sedang merutinkan berolahraga seperti sepeda, berjalan kaki dan lompat tali, menjaga pola makan juga dengan makan malam secukupnya bahkan terkadang tidak makan malam. Dari bentuk tubuh, orang2 di sekitar mengatakan kalau saya agak kurus, tapi saat menimbang, bb saya masih tetap dan tidak berubah, itu kenapa ya dok? Dan mohon saran agar bb saya turun diet seperti apa yang bisa saya jalankan, terima kasih dok..
17:26 06/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, kalau boleh tau berapa berat badan dan tinggi badan kakak?
19:00 06/06/2021
anonim
Bb 75kg, tb 153cm
19:01 06/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Berdasarkan data yg kakak berikan, benar bahwa kakak termasuk obesitas. Oya kak sebelumnya mohon maaf, saya ingin menanyakan beberapa hal agar proses konseling ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan kondisi riil kakak : 1. Orang menganggap kurusan padahal berat badan di timbangan tidak berubah : a. Berapa berat badan sebelum rutin olahraga dan atur pola makan? b. Pada selang berapa lama kakak ngukurnya, sehingga berat badan tampak tidak berubah di timbangan? 2. Sudah berapa lama mulai rutin olahraga dan atur pola makan? 3. Pola makan saat pagi, siang dan selingan (snack) bagaimana? Apakah jenis dan porsinya sudah sesuai yg dianjurkan seperti piring model T?
21:19 06/06/2021
anonim
1. A. 75kg B. Setiap bangun tidur dan mau tidur pasti menimbang.. 2. Kurang lebih baru 2-3minggu 3. Pagi kadang roti kadang sereal (oriflakes), siang porsi makan siang normal, tidak ada snack.
21:24 06/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Baik kak. Kemungkinan massa otot kakak mulai bertambah dan massa lemaknya berkurang, sehingga orang2 menilai kakak kurusan padahal di timbangan tetap. Mungkin saja karena mereka lihat dulu kakak cukup banyak gelambirnya (massa lemak), misal di tangan atau kaki, dan sekarang mereka tidak melihatnya. Kakak bisa bayangkan seorang atlet, berat badannya bisa sama dengan seseorang yg mengalami obesitas, namun kita tidak menyebut atlet itu gemuk. Mengapa? Karena tadi, massa ototnya atlet lebih banyak daripada orang obes yg lebih banyak massa lemaknya.. Oya, untuk olahraganya kakak bisa ikuti prinsip FITT agar lebih terukur dan terarah : - Frekuensi : 3-5x/minggu, bila kondisi kesehatan memungkinkan, bisa ditingkatkan menjadi 5-7x/minggu - Intensitas : kualitas latihan, untuk bakar lemak minimal mencapai 50-70% dari Denyut Nadi Maksimum (DNM). Rumus DNM = 220 - Usia - Time : waktu latihan, bertahap hingga mencapai 150 menit per minggu, bisa ditingkatkan bertahap hingga 300 menit per minggu, usahakan 30-60 menit setiap latihan. Atau bisa juga 10 menit setiap kali latihan, asalkan mencapai 30-60 menit dalam seharinya. - Type : jenis latihan bebas, bisa seperti yang sudah kakak lakukan Jangan lupa awali latihan/olahraga dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan ya kak. Untuk pola makannya, perbanyak sayur dan buah. Setiap kali makan usahakan ada makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah. Porsinya mengikuti piring makan model T, yakni : - 1/4 bagian piring untuk sumber karbohidrat : nasi, mie, ubi, kentang, jagung, atau singkong, dll - 1/4 bagian piring untuk sumber protein : ikan dan ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tahu, tempe, dll - 1/2 bagian piring untuk sayur dan buah Untuk memudahkan membayangkan porsi makan yang sudah saya jelaskan, kakak bisa lihat visualisasinya di google dengan keyword "Piring Makan Model T untuk Obesitas" ya kak. Oya untuk penimbangan berat badan tidak perlu setiap hari, seminggu sekali juga tidak apa2, karena biasanya perubahan berat badan baru terlihat setelah seminggu, dan bisa saja hanya 0,1 kg. Penurunan berat badan yang ideal adalah 0,5 - 1 kg per minggu. Pesan saya, jangan terlalu stress dengan angka di timbangan ya kak. Kakak lebih berharga dari sekedar angka di timbangan. Yang penting tetap semangat dalam menjalani kebiasan2 baik selama diet ya kak.
11:16 08/06/2021
anonim
Terima kasih saran2nya ka, semoga sehat selalu..
04:37 10/06/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
sama2 ya kak. sehat selalu juga 😊
08:14 10/06/2021