[Diet Kolesterol]
ovin lagi
Cara mengatur pola makan dengan kolesterol tinggi
18:43 07/06/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Dear sdr/sdri Ovin, berikut tips pengaturan pola makan untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal :
1. Mengonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak jenuh dan tinggi lemak tidak jenuh.
2. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol, yaitu tidak lebih dari 300 mg/hari.
3. Mengganti teknik memasak yang menggunakan banyak lemak seperti menggoreng atau kuah santan dengan memanggang, mengukus, atau menumis dengan sedikit minyak.
4. Membatasi konsumsi produk bakery (roti, donat, kue, cookies) karena mengandung margarin.
5. Membatasi konsumsi minyak maksimal 5 sdm/hari, konsumsi garam maksimal 1 sdt/hari, dan konsumsi gula maksimal 4 sdm/hari.
6. Mengurangi konsumsi makanan sumber protein yang mengandung tinggi lemak.
7. Konsumsi air putih 8 gelas sehari
Sekian, semoga membantu ya 😊
10:44 16/10/2021