[Lainnya......]
nazmi sampurno
Assalamu'alaikum kak mau tanya. Saya punya keluarga yg kadang sakitnya udah komplikasi. Kolesterol, hipertensi maag, dan asam urat. Pertanyaan saya dari semua itu mana yg harus kita utamakan? Terimakasih🙏
19:36 07/06/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Halo terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Untuk penderita asam urat dengan tinggi kolesterol darah dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin dan kolesterol yang rendah seperti
1. Buah-buahan : semua buah pada umumnya baik untuk asam urat. Buah ceri bahkan dapat membantu mencegah serangan dengan menurunkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan.
2. Sayur-sayuran : seperti kentang polong, jamur, terong, dan sayuran berdaun hijau tua.
3. Biji-bijian utuh : seperti oat, beras merah, dan barley.
Produk susu. Semua produk susu aman, tetapi produk susu rendah lemak lebih direkomendasikan.
4. Telur ayam : khusus telur ayam jika kadar kolesterol tinggi maka yang dimakan hanya putihnya saja
5. Minyak nabati : seperti minyak kanola, kelapa, zaitun, dan minyak rami.
6. Ikan : seperti salmon, tuna.
Makanan tinggi purin yang harus dihindari adalah kerang, udang, kepiting, jeroan, daun singkong, daun bayam. Hindari mengkonsumsi daging berlemak atau lemak yang bersumber dari hewani.
Makanan yang perlu dihindari bagi penderita hipertensi adalah makanan dengan kandungan natrium yang tinggi, makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.
Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji, atau makanan dalam kemasan dengan bahan pengawet, minuman dalam kemasan dengan bahan pengawet, asinan, ikan asin, jeroan, daging berlemak, gorengan, seafood.
13:43 05/02/2022