[Lanjut Usia]
Faridah SKM
Makanan yg baik utk lansia
21:41 07/06/2021
Dwi Fefi Puspitasari, S. ST ahligizi
Memasuki usia lanjut, seseorang mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan karena kondisi alamiah dan faktor kesehatan tertentu yang terjadi pada tubuhnya. Biasanya, penurunan nafsu makan lansia ini terjadi karena faktor disfagia atau kesulitan menelan, kesulitan mengunyah, masalah pada sistem pencernaan, efek obat-obatan, berkurangnya kepekaan terhadap rasa, hingga gangguan kesehatan mental lansia seperti depresi atau kesepian. Apapun penyebabnya, penting untuk segera mengatasi masalah lansia susah makan. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan malnutrisi pada lansia Adapun malnutrisi bisa menimbulkan penurunan berat badan serta meningkatkan risiko berbagai penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan gizi lansia tersebut, bisa memberikan menu makanan yg menarik dan sehatsehat yaitu 1. berikan makanan bernutrisi Protein, baik protein hewani maupun nabati. karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energinya.e aserat yg baik dari ari sayuran atau buah-buahan.vitamin dan mineral untuk lansia, seperti vitamin A, Vitamin D, vitamin B12, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalsium, dan lainnya 2. pilihan makanan yg mudah di telan 3. terapkan pola makanan yang teratur 4. hindari makanan yang menimbulkan masalah pencernaan 5. pilih lemak yang sehat seperti menghindari makanan yg tinggi kolesterol 6. batasi makanan yang mengandung tinggi gula yang dapat mengakibatkan resiko diabeter 7. kurangi asupan garam yang dapat mengakibatkan resiko darah tinggi
23:01 07/06/2021