[Masalah Berat Badan]
Ratna Handayani
Siang Dok, maaf saya mau tanya, sy Ibu bekerja dan memiliki 3 anak, tinggi badan saya 153cm berat badan 74kg, saya KB hormonal suntik, saat ini saya mengalami sakit di telapak kaki saya saat berjalan dan jika malam hari sakit menjalar hingga ke pinggang dan punggung sy, setelah sy konsultasi ke dokter ortopedi sy diharuskan mengurangi BB dan mengurangi aktivitas fisik, apa bisa saya mengurangi BB hanya dengan mengatur Pola makan dan tidak berolah raga karena aktivitas fisik berlebihan dapat mempengaruhi sakit di kaki saya, terima kasih
08:03 09/01/2019
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam Bunda Ratna.
Untuk program penurunan berat badan terbaik adalah mengatur keseimbangan energi dalam tubuh, yaitu dengan mengatur asupan makan dan tingkat aktivitas tubuh.
Dengan pengaturan pola makan saja, mungkin akan berdampak pada penurunan berat badan namun hal tersebut tidaklah maksimal. Sebaiknya tetap olahraga agar penurunan berat badan dapat dilakukan secara maksimal dan kebugaran tubuh juga meningkat. Sehingga tubuh kita menjadi lebih sehat, bugar dan tidak mudah terserang infeksi.
Untuk jenis olahraga yang dapat dicoba adalah berenang, atau aktivitas olahraga lain yang tidak membebani telapak kaki Bunda.
Semoga bermanfaat. :)
Sala, Sehat.
02:49 16/01/2019