[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Saya lihat di sebuah postingan untuk bayi yang di mandikan dengan 350ml Asi dan di tambah air hangat bisa menjaga kekebalan imun yang lebih tinggi. Karena di mandikan dengan asi yang kaya akan nutrisi, hoax atau tidak ya?
01:22 12/06/2021
Hallo Kak... Terimakasih Sudah bertanya di Dietducate:
_Jawabannya Fakta Kak...
_Selain mendukung tumbuh kembang bayi ASI juga dpt memelihara kesehatan kulit Bayi.
Berikut adalah berbagai manfaat memandikan bayi dengan ASI:
1. Meredakan eksim
Eksim pada bayi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor keturunan, cuaca, hingga lingkungan. Selain dengan rutin menggunakan pelembap, eksim pada bayi bisa diredakan dengan cara mandi ASI.
Penelitian menunjukkan bahwa ASI dinilai memiliki efektivitas yang hampir sama dengan obat antiradang, seperti hidrokortison, dalam mengobati eksim ringan.
Selain baik untuk meredakan dan mencegah munculnya gejala eksim, kandungan asam palmitat, asam laurat, dan asam oleat pada air susu ibu juga baik untuk melembapkan kulit bayi.
2. Meredakan ruam popok
Ruam popok adalah salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh bayi. Meski tergolong tidak berbahaya, kondisi ini sering kali membuat bayi menjadi rewel.
Untuk mengatasi kulit Si Kecil yang meradang karena ruam popok, Para Ibu bisa memandikannya dengan ASI. Efek ini hampir sama dengan manfaat mandi ASI untuk eksim pada bayi.
3. Mengatasi jerawat bayi
Pengaruh hormon ibu di akhir masa kehamilan atau efek samping obat-obatan tertentu dapat memicu munculnya jerawat pada bayi. Biasanya, jerawat ini akan hilang dalam beberapa minggu atau setelah berbulan-bulan.
Untuk membantu mengatasinya, Para Ibu bisa memandikan Si Kecil dengan ASI. Ini karena ASI memiliki zat yang bersifat antibakteri dan antiradang sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat. Ingat, ya, Para Ibu. Jangan memencet jerawat di kulit Si Kecil karena dapat memperparah kondisinya.
4. Meredakan luka akibat gigitan serangga
Gigitan serangga dapat memicu kulit bayi untuk mengalami bentol dan ruam. Hal ini bisa membuatnya merasa tidak nyaman dan rewel. Untuk meredakannya, cobalah mandikan Si Kecil dengan ASI. Ini karena ASI mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan efek gigitan serangga pada bayi.
5. Membersihkan cradle cap
Kulit kepala bayi rentan mengalami cradle cap. Ketika mengalami kondisi ini, kulit kepalanya akan tampak kering dan bersisik. Kondisi ini normal terjadi dan tidak berbahaya. Namun, untuk membantu membersihkan dan melembapkan kulit Si Kecil yang mengalami cradle cap, Para Ibu bisa memandikannya dengan ASI.
Semoga Membantu 🙂
05:24 13/06/2021
anonim
terimakasih jawabannya
06:58 12/06/2021
anonim
Tapi mengapa jika dibagian pipi bayi terkena asi menjadi iritasi ya ka? Apa karena dibagian pipi lapisan kulit lebih sensitif?
07:02 12/06/2021
Bintik merah yang timbul di kulit bayi tidak berkaitan dengan terkena ASI sebelumnya. Adapun berbagai faktor yang dapat menyebabkan timbulnya bintik merah pada kulit bayi antara lain:
Eksim atopik
Miliaria/biang keringat
Reaksi alergi dan iritasi (misalnya akibat sabun, detergen, lotion)
Impetigo (infeksi bakteri pada kulit)
Gigitan serangga atau tungau
Infeksi virus atau jamur
Untuk dapat memastikan penyebabnya sebaiknya bayi diperiksakan ke dokter spesialis anak agar ruam kulit yang timbul dapat diperiksa secara langsung/tatap muka. Dengan demikian maka penyebabnya dapat ditelusuri sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan pada bayi sesuai dengan kondisi dasarnya.
_Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
Menjaga kebersihan kulit bayi dan mandikan secara teratur
Gunakan sabun mandi, sabun pencuci pakaian dan lotion khusus bayi yang lembut dan tidak mengiritasi kulit
Kenakan pakaian bayi yang berbahan lembut, tidak ketat dan dapat menyerap keringat dengan baik
Mengganti dan mencuci pakaian, handuk dan sprei bayi secara berkala
Menjaga kebersihan tempat tidur, kamar dan mainan bayi
apa masih ada yg mau ditanyakan? Kak
05:24 13/06/2021
anonim
Terimakasih kak atas jawabannya
08:01 12/06/2021