[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
makanan apa yang cocok untuk diet dm untuk lansia
12:28 12/06/2021
Ida Ayu Kade Esyati, S.Tr.Gz ahligizi
halo kak 👋 ijin membantu menjawab ya kak
diet DM untuk lansia bertujuan untuk:
1. mempertahankan gula darah mendekati normal
2. memberikan cukup energi utk mempertahankan atau mencapai berat badan normal
3. menghindari atau menangani komplikasi pasien
4. meningkatkan derajat kesehatan secara keseluruhan
yg perlu dilakukan adalah :
1. memberikan makanan sesuai dg daya terima pasien (biasa/lunak)
2. energi, protein, lemak yg cukup
3. tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gula murni dlm makanan maupun minuman. Jika gula darah sudah normal baru bisa diberikan dg jumlah sdikit saja
4. penggunaan gula alternatif bergizi yg terbatas sprti sorbitol, manitol, silitol
5. pasien DM dg tensi normal diperbolehkan konsumsi garam dapur 3000mg/hari, jika menderita hipertensi garam harus dikurangi.
bahan makanan yg dianjurkan yaitu sumber karbo kompleks (nasi, kentang, ubi, beras merah, sagu), protein rendah lemak (ikan, ayam tanpa kulit, susu skim, tempe, tahu)
hindari makanan/ minuman yg mengandung tinggi gula dan tinggi lemak (kue, sirup, selai, cake, gorengan)
makanan diolah dg cara dipanghang, dikukus, disetup, direbus, dibakar
semoga membantu
09:52 13/06/2021