[ASI & Menyusui]
Widie Ravita
Hallo saya sedang menyusui dan ingin diet tp tidak mengganggu proses menyusui. Adakah saran untuk saya?
23:09 12/06/2021
Ida Ayu Kade Esyati, S.Tr.Gz ahligizi
halo kak, ijin menjawab ya kak FYI, diet merupakan kegiatan mengatur makan baik itu dari jumlah, porsi, jenis, frekuensi. untuk ibu menyusui tidak perlu diet yg sempurna. banyak atau sedikitnya ibu makan, akan berpengaruh thd banyak/ sedikitnya volume asi. Namun, tidak berpengaruh pada komposisi zat gizi yg ada pada ASI. yg perlu ibu perhatikan adalah: 1. Lakukan prinsip menu seimbang 2. perbanyak cairan 3. perbanyak serat 4. frekuensi sering 5. perhatikan makanan yg mempengaruhi asi. (kurangi makanan yg pedas, bergas, berlemak, diawetkan karena akan memicu gangguan pencernaan pada bayi) jadi kalau bisa usahakan agar bayi ibu ASI eksklusif dlu ya dan mendapatkan nutrisi yg ckup. Masalah berat badan ibu bisa diimbangi nnti dengan melakukan defisit kalori yg diimbangi dg olahraga. Tp yg terpenting adalah memberikan nutrisi yg baik untuk baby, di karenakan periose saat ini adalah periode yg baik untuk tumbuh kembang anak. semoga membantu
09:28 13/06/2021