[Lainnya......]
Vera Veronica
Saya memiliki masalah pada usus besar. Masalah iritasi usus besar. Bagaimana cara saya untuk memulai diet dengan cara baik bagi tubuh saya dan membuat saya sehat kembali ? Dan bagaimana cara memilih menu harian diet ?
16:09 16/06/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Pada kondisi kolitis ulseratif hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan adalah :
- Mengkonsumsi makanan sedikit atau porsi kecil tapi sering agar tidak membuat kerja usus yang sudah terluka menjadi lebih berat
- Membatasi asupan garam dan lemak karena akan membuat usus menjadi bengkak dan kembung
- Tidak mengkonsumsi produk susu jika diketahui ada indikasi intoleran laktosa
- Membatasi asupan serat agar tidak menghambat kerja usus
- Hindari makanan yang mengandung soda, kafein, alkohol, pedas, asam, dan bumbu tajam lainnya
17:12 02/02/2022