[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Witri Nuryanah
Hallo Ka, izin bertanya olahraga apa yang cocok untuk program menaikkan berat badan. Terimakasih
16:35 17/06/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak Witri,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: 1. Push up merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa alat apa pun. Meski demikian, Kakak jangan meremehkan gerakan olahraga yang satu ini karena dampaknya sangat baik untuk tubuh terutama untuk membangun otot lengan dan punggung.Gerakan push up juga sederhana, Kakak hanya perlu menghadap ke lantai, kemudian letakkan kedua tangan di sebelah badan. Setelah itu,Kakak bisa mengangkat berat tubuh menggunakan kedua tangan.Namun ingat, jagalah postur tubuh agar punggung dan kaki tetap lurus. Dengan begitu, manfaat push up untuk menaikkan berat badan akan terasa lebih maksimal.Saat Kakak melakukan push up, usahakan tubuh jangan sampai menyentuh lantai, ya. 2. Pull up > Pull up adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dilakukan dengan berdiri sambil mengangkat tubuh ke atas. Untuk melakukannya, Kakak membutuhkan benda kokoh yang menempel di dinding atau pull up bar yang bisa Kakak beli di toko olahraga.Saat meletakkan kedua tangan di pull up bar atau benda kokoh, usahakan jangan terlalu dekat dengan wajah. Lebarkan pegangan tangan Kakak hingga menjauh dari wajah.Kemudian angkatlah tubuh Kakak dengan menggunakan kekuatan tangan sampai dagu mencapai ke pull up bar.Jika Kakak sudah merasa tidak kuat, berhentilah. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukannya dalam jumlah banyak, terutama saat Kakak belum terbiasa. 3. Squat > Squat adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan apa pun. Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu berdiri tegak (kaki sejajar dengan pinggul), kemudian turunkan bokong Kakak layaknya ingin duduk.Saat melakukannya, usahakan tubuh tetap lurus. Jika belum terbiasa, jangan terlalu banyak melakukan gerakan ini karena bisa menimbulkan cedera. 4. Lunges > Sama seperti squats, lunges tidak memerlukan peralatan apa pun dan dapat dilakukan di rumah. Jenis olahraga untuk menaikkan berat badan ini dapat membantu Anda mengencangkan otot kaki dan bokong.Cara melakukannya juga sederhana, Kakak hanya perlu berdiri tegak sambil menekuk otot perut. Rentangkan satu kaki ke depan, layaknya Kakak ingin mengambil langkah. Setelah itu, condongkan tubuh hingga posisi lutut berada pada 90 derajat. Ulangi gerakan ini semampu Kakak. Jangan pernah memaksakan diri karena dapat meningkatkan risiko cedera. 5. Berenang > Berenang juga digolongkan sebagai olahraga yang bisa meningkatkan berat badan dengan cara memperbesar otot.Saat berenang, tubuh akan dipaksa untuk melawan beban di dalam air. Proses ini akan membuat otot meregang dan menjadi lebih kuat.Perlu diingat bahwa air lebih padat dibandingkan udara. Itulah sebabnya berenang dapat membangun otot lebih cepat dibandingkan latihan kardio tradisional seperti berlari. 6. Latihan Beban > Latihan beban merupakan jenis olahraga untuk menaikkan berat badan yang ampuh. Saat Kakak mengangkat beban, lemak akan terbakar dan massa otot akan semakin besar. Tidak hanya berat badan saja yang akan meningkat, tapi penampilan Kakak tentunya akan terlihat lebih kuat.Berbeda dengan kardio, latihan beban akan memperbesar massa otot. Berat badan pun otomatis akan naik. Semoga Membantu
14:43 07/02/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
🙂
14:44 07/02/2022