[Diet Hipertensi ( Darah Tinggi)]
Iwad Bunda Ghazy
Makanan diet hipertensi
10:25 18/06/2021
Eka Sariningsih, S.Gz ahligizi
Selamat Sore Kak Iwad 🥰 Terima Kasih sudah bertanya di Dietducate 🙏
Makanan untuk diet hipertensi yang sesuai dengan diet DASH yaitu diet menunjukkan bahwa diet tinggi sayur, buah,dan hasil olahan susu rendah lemak yang kadar lemak jenuh dan lemak totalnya rendah serta tinggi kandungan kalium, kalsium, dan magnesium
Whole grains/gandum utuh (6 sampai 8 sajian per hari)
Ganti nasi putih dengan nasi beras merah.
Bila ingin makan pasta, pilih pasta dari gandum utuh.
Ganti roti tawar dengan roti gandum tanpa menambahkan keju, coklat atau mentega.
Sayuran dan buah-buahan (4 sampai 5 sajian per hari)
Pilih sayuran dan buah-buahan yang kaya magnesium dan potasium seperti pisang. Makan sebagai snack pada jam 11 pagi dan 5 sore atau 1 jam sebelum makan besar.
Sebaiknya jangan kupas kulit buah karena mengandung banyak zat gizi, dan pilih sayuran segar dibanding sayuran beku.
Susu dan produk susu rendah atau tanpa lemak (2 sampai 3 sajian per hari)
Golongan makanan ini sangat bermanfaat karena kandungan kalsium, vitamin D dan protein.
Pilihlah yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak. Dapat divariasikan dengan sayur dan buah dalam hidangan salad.
Daging, unggas, dan ikan (maksimal 6 sajian per hari)
Buang kulit dari daging karena dalam kulit mengandung lemak yang tinggi.
Cara pengolahan dengan cara memanggang, mengukus, atau merebus lebih diutamakan daripada menggoreng.
Pilih ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol seperti salmon dan tuna.
Lemak dan minyak (2 sampai 3 sajian per hari)
Batasi asupan daging, mentega, keju, susu, krim, dan telur serta makanan olahan minyak kelapa.
Hindari lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan olahan seperti biskuit, gorengan, dan snack kemasan.
Baca dengan teliti label makanan, pilihlah yang mengandung lemak jenuh dalam kadar rendah dan bebas lemak trans.
Manisan, terutama yang rendah atau tanpa lemak (maksimal 5 sajian per minggu)
Hindari makanan yang mengandung pemanis buatan.
Hindari minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan. Walaupun berlabel diet atau low sugar, namun kandungan gula yang tidak terlalu dibutuhkan tubuh tetap ada.
Pilihlah air putih sebagai minuman sehari-hari. Selain tanpa kalori, air putih juga memiliki banyak fungsi seperti melarutkan racun tubuh, pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai bantalan organ tubuh, sebagai pelumas, dan melancarkan fungsi pencernaan kita.
Kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan (4 sampai 5 sajian per minggu) & Sodium (garam)
Tergantung dari jenis DASH Diet yang dipilih.
Konsumsi sodium (garam dapur) yang direkomendasikan adalah 1500 mg – 2300 mg per hari
Referensi : https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-hipertensi-darah-tinggi-dash-diet/
Sekian jawaban dari saya semoga bermanfaat 🙏
Stay safe and healthy kak 🥰
18:25 18/06/2021