[Diet Kolesterol]
Nindya Irawan
Bagaimana cara mengatasi dislipidemia?
13:04 19/06/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo Nindya, terima kasih sudah bertanya di dietducate... Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan kadar/fraksi lipid dalam plasma.  Dislipidemia ditandai dengan kadar kolesterol total ≥240 mg/dl, kolesterol LDL ≥160 mg/dl, kolesterol HDL <40 mg/dl, dan trigliserida ≥200 mg/dl.​1 Anjuran untuk pengidap dislipidemia diantaranya : 1. Mengonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak jenuh dan tinggi lemak tidak jenuh. 2. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol, yaitu tidak lebih dari 300 mg/hari. 3. Mengganti teknik memasak yang menggunakan banyak lemak seperti menggoreng atau kuah santan dengan memanggang, mengukus, atau menumis dengan sedikit minyak. 4. Membatasi konsumsi produk bakery (roti, donat, kue, cookies) karena mengandung margarin. 5. Membatasi konsumsi minyak maksimal 5 sdm/hari, konsumsi garam maksimal 1 sdt/hari, dan konsumsi gula maksimal 4 sdm/hari. 6. Mengurangi konsumsi makanan sumber protein yang mengandung tinggi lemak. 7. Konsumsi air putih 8 gelas sehari Untuk informasi tambahan, bisa mengakses artikel kami di https://ahligizi.id/blog/?p=1934 Sekian, semoga membantu ya 😊
13:53 20/06/2021