[Masalah Berat Badan]
Ananda Novia Rahmawati
Bagaimana ya caranya menaikan berat badan, saya susah sekali menaikkan berat badan saya, apa faktornya? Dan bagaimana solusinya? Terimakasi
19:49 19/06/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo Ananda, Terima kasih sudah bertanya di dietducate...
Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit meningkatkan berat badan. Berikut di antaranya:
1. Genetik/Keturunan
Pada faktor genetik, biasanya seluruh anggota keluarga termasuk orang tua atau saudara memiliki karakteristik kurus.
2. Stres yang berkepanjangan
Pada sebagian besar orang yang mengalami stres, nafsu makannya akan terganggu. Bahkan orang yang mengalami stres berat dapat kehilangan nafsu makan.
3. Kurang gizi
Ketika tubuh kekurangan gizi dan nutrisi, hal ini sangat berpengaruh terhadap berat badan.
4. Sering begadang
Begadang membuat metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik, terutama dalam penyerapan nutrisi.
5. Hipertiroidisme
Kondisi ini menyebabkan kadar hormon tiroid pada tubuh berlebihan, sehingga terjadi peningkatan metabolisme tubuh.
6. Tuberculosis (TB)
Saat tubuh terinfeksi bakteri tuberkulosis, metabolisme tubuh akan meningkat untuk melawan infeksi tersebut. Sehingga, walaupun penderita makan banyak tapi tetap kurus.
7. Konsumsi alkohol
Alkohol yang masuk ke tubuh akan dicerna dan diserap oleh darah untuk diedarkan ke seluruh organ, yang pada akhirnya akan menekan sistem saraf.
Nah, solusinya bisa coba tips dibawah ini ya...
1. Makanlah sesering mungkin namun dalam porsi kecil
Semula makan tiga kali sehari, sekarang lima kali.
2. Meningkatkan asupan kalori
Meningkatkan kalori dapat dilakukan dengan menambah sekitar 300 kalori/hari dan meningkat hingga 500/hari secara bertahap.
3. Perbanyak minum air putih
Biasakanlah untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari.
4. Latih Kekuatan Otot
Penambahan berat badan dapat juga berasal dari penambahan massa otot, dimana hal tersebut lebih baik dibandingkan dengan penambahan massa lemak tubuh.
Untuk informasi tambahan, bisa akses artikel kami di https://ahligizi.id/blog/?p=73
Sekian, semoga membantu ya 😊
13:41 20/06/2021