[Masalah Berat Badan]
Adella Adel
Bagaimana mengatur pola makan saya dengan riwayat gastritis kronis?
10:24 21/06/2021
Alvian Hadi Sutrisno, S.Gz. ahligizi
terimakasih sudah bertanya di dietducate.
perlu diketahui, salah satu penyebab gastritis adalah kurang teraturnya pola makan, baik dalam jumlah, frekuensi, dan jenis makanan.
untuk mengatur pola makan bagi penderita gastritis mulailah perbaiki frekuensi makan, teratur makan 3x/hari dan 2x snack. jika ada gejala seperti mual, muntah, nyeri perut makanlah makanan dengan tekstur yang lunak seperti bubur sumsum dan secara bertahap ditingkatkan ke bubur kasar sampai habis gejalanya baru bisa makan nasi.
pilihlah makanan yang tidak menimbulkan gas (umbi"an),tidak kecut, tidak asam, dan tidak pedas dan tidak beraroma tajam.
sekian jawaban dari saya, semoga sehat selalu.
13:59 21/06/2021