[Diet Maag (Gastritis)]
Anggreheni Intan
Bagaimana diet untuk penderita magh?
21:13 24/06/2021
Alvian Hadi Sutrisno, S.Gz. ahligizi
terimakasih sudah bertanya di aplikasi dietducate. magh atau dalam bahasa medis gastritis adalah salah satu kelainan pada lambung. banyak faktor yang mempengaruhi untuk terjadinya gastritis, salah satu faktornya yaitu kurang teraturnya pola makan, baik dalam jumlah dan frekuensi makan. maka dari itu, untuk mencegah terjadinya gastritis yaitu bisa dengan mengubah pola makan yang teratur. bahan makanan yang perlu dihindari yaitu makanan yang bergas seperti umbi-umbian, makanan yang pedas, makanan asam dan kecut. batasi konsumsi cafein seperti teh dan kopi dan hindari konsumsi alkohol dan soda. jika ada gejala atau keluhan seperti nyeri perut, mual, dan muntah, maka konsumsilah makanan dengan tekstur yang halus contohnya seperti bubur sumsum dengan frekuensi makan sedikit-sedikit tapi sering. jika gejala mulai berkurang, tingkatkan tekstur ke bubur kasar seperti bubur ayam dan makan seperti biasa ketika gejala sudah hilang. sekian jawaban dari saya, semoga sehat selalu.
12:30 26/06/2021