[Diet Maag (Gastritis)]
Artistika Riris Andaresti
Kalau pasien mengalami gerd apakah boleh mengkonsumsi susu peptamen
13:42 26/06/2021
Dias Rindiannisa, S.Gz ahligizi
Halo terima kasih sudah bertanya
Untuk diketahui peningkatan asam lambung atau penyakit GERD ini dapat dipicu oleh berbagai hal, seperti konsumsi makanan yang pedas, merokok, konsumsi kopi (kafein), konsumsi alkohol, konsumsi makanan berlemak, makanan asam, konsumsi cokelat, konsumsi obat yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung (beberapa jenis antibiotik dan penggunaan obat anti nyeri golongan OAINS/Obat Anti Inflamasi Non-Steroid, obat hipertensi golongan penghambat kanal kalsium/calcium channel blocker, obat nitrat), dan juga dapat disebabkan karena stres.
Untuk konsumsi susu, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu dapat menyebabkan peningkatan asam lambung, justru susu dianggap dapat menurunkan asam lambung. Sehingga tidak ada pantangan untuk konsumsi susu jenis apapun pada penderita GERD.
Salam Sehat
13:45 11/10/2021