[Bayi & Balita]
anonim
Dok bayi saya 10 bln laki2, sudah bisa mengunyah nasi tapi takarannya cuma 1 sdm dewasa saat makan utama. Bb nya juga belum mau naik. Bb 6.8 kg. Frekuensi makan besar 3 kali dg cemilan 2 kali ini makannya juga mood2an. Dok, kira2 makanan jenis apa yg bisa saya sediakan sbg alternatif kalau bayi sedikit makan saat makan utama. Yg kalori sebanding tapi ga perlu butuh waktu lama untuk dimasak?
15:59 27/06/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Bunda, terima kasih atas pertanyaannya, kita bahas satu persatu ya :)
*Berat badan Si Kecil tergolong kurang karena standar berat badan bayi laki-laki usia 10 bulan sekitar 7.4-11.4 kg. Sebelum membahas makanan alternatifnya, Bunda harus ketahui dulu penyebab Si Kecil hanya makan sedikit.
*Selanjutnya untuk asupan makanan juga tidak terbatas pada jumlahnya saja Bun, tetapi juga kualitasnya yaitu asupan makanan untuk Si Kecil harus memiliki porsi gizi yang seimbang, yakni mengandung semua zat gizi makronutrien yaitu zat gizi yang dibutuhkan Si Kecil dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan hanya dalam jumlah yang kecil, seperti vitamin dan mineral.
Bunda juga dapat melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk memastikan penyebab berat badan Si Kecil susah naik, seperti apakah ada gangguan kesehatan seperti tuberculosis, cacingan, anemia defisiensi besi, dan sebagainya.
*Untuk meningkatkan berat badan Si Kecil, berikut tips yang dapat Bunda lakukan:
• Makan secara konsisten. Jadwal makan yang teratur bisa menambah berat badan anak secara sehat. Jangan biarkan anak melewatkan jadwal makannya, karena hal itu akan membuat dia kehilangan nutrisi penting.
• Buat porsi lebih besar.
• Pilih makanan dengan kalori yang lebih tinggi.
• Jus buah dan susu. Saat anak haus, tawari ia minuman berkalori seperti jus dan susu. Dibandingkan air putih biasa, ini akan lebih efektif untuk menambah berat badannya.
• Tambahkan kacang-kacangan, selai kacang, alpukat dan minyak zaitun dalam menu. Jenis makanan itu memiliki kadar lemak sehat yang tinggi, dan bisa menambah berat badan anak.
• Berikan Si Kecil makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam dan daging merah dalam porsi yang sesuai.
• Penuhi waktu istirahat dan tidurnya (10-12 jam sehari, termasuk tidur siang).
• Cukupi Kebutuhan Kalori
Makanan dengan kandungan kalori tinggi identik dengan makanan untuk menambah berat badan. Bunda bisa memulainya dengan membaca setiap label nutrisi yang terkandung dalam makanan yang hendak dimakan oleh anak apakah sudah memenuhi kandungan kalori yang cukup atau belum
*Sebagai contoh menu makanan anak usia 9-12 bulan, Bunda bisa memberikan Tim Talas Ayam Alpukat. Berikut resepnya :
Bahan:
50 gram talas, kupas kulit, potong dadu 1x1 cm
10 gram daging ayam giling
1 sendok makan keju cheddar, parut (jika anak alergi keju dapat diskip)
20 gram daging buah avokad
Kaldu ayam/susu/air biasa
Cara Membuat:
1. Tim talas, daging ayam giling, kacang merah, dan keju cheddar hingga matang dan semua bahan lunak diadalam panci tim. Dapat di tim menggunakan kaldu, susu, atau air biasa.
2. Tuang ke dalam piring saji.
3. Haluskan daging avokad dengan blender. Siram di atas tim.
Semoga nafsu makan dan berat badan Si Kecil lekas meningkat Bun. ❤️
10:26 16/09/2021