[Diet Asam Urat]
joko susanto
Makanan untuk stabilkan asam urat ?
19:37 30/06/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo Joko, terima kasih sudah bertanya di aplikasi dietducate.. Kadar asam urat yang berlebih memang perlu diwaspadai yaa.. Karena dapat membentuk kristal yang tajam di satu atau lebih sendi, hingga menimbulkan rasa sakit. Pada dasarnya, kita dapat meminimalisir risiko penyakit rematik asam urat, di antaranya dengan menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti daging merah, jeroan, ikan berminyak, dan makanan laut. Sumber protein nabati yang dibatasi diantaranya tempe, tahu maksimum 50 gr/hari dan kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai) paling banyak 25 gr/hari. Untuk sayuran yang dibatasi yaitu bayam, buncis, daun/biji melinjo, kapri, kacang polong, kembang kol, asparagus, kangkung dan jamur maksimum 100 gr/hari. Selain itu, perlu konsumsi banyak cairan untuk membantu membuang asam urat melalui urine. Oleh karena itu, sebaiknya minum minimal sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari (termasuk dari buah2an dan juga olahan makanan) Sekian, semoga membantu yaa 😊
11:38 01/07/2021