[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Bagaimana cara mengatur pola makan penderita diabet yg gak suka makan sayur dan buah tertentu?
06:55 04/07/2021
ulfatun khoirunnisa, A.Md, Gz ahligizi
Halo terimakasih sudah bertanya di ahligizi.id saya Ulfa yang akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Anda :) Dalam mengatur pola makan pada penderita diabetes melitus memiliki tiga prinsip yang biasa disingkat dengan 3J, yaitu : 1. Jenis makanan yang tepat 2. Jumlah makanan yang tepat 3. Jadwal makan yang tepat semua prinsip tersebut harus selalu konsisten diterapkan karena mengingat penyakit diabetes melitus ini berhubungan sekali dengan kadar gula darah yang dipengaruhi oleh makanan yg dikonsumsi. untuk jenis makanan yg diperbolehkan adalah yg mengandung indeks glikemik (IG) rendah-sedang seperti : ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, daging tidak berlemak. Sumber protein nabati yang dianjurkan diantaranya tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai, sayuran yang diperbolehkan diantaranya kangkung, daun kacang, oyong, ketimun, tomat, labu air, kembang kol, lobak, sawi, selada, seledri, terong. Buah-buahan seperti jeruk, apel, pepaya, jambu air, salak dan belimbing diperbolehkan untuk dikonsumsi. Semua jenis karbohidrat seperti nasi, bubur, roti, mie, kentang, singkong, ubi, sagu, gandum, pasta, jagung, talas, havermout, sereal dan kentang diperbolehkan namun dibatasi sesuai kebutuhan. silahkan kunjungi website kami untuk penjelasan lebih lengkapnya ya : https://www.google.com/amp/s/ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-diabetes-mellitus/amp/ salam sehat selalu :)
14:10 04/07/2021