[Bayi & Balita]
A56_Arini Kinanti S
Izin bertanya bpk/ibu. Masalah Stunting, apakah dapat dilihat dari aspek TB/U dengan hasil nilai Z score = <- 2 SD, namun jika anak dalam kriteria tersebut (dalam hal kognitif nya normal, dan aktif) apakah anak tersebut tetap diklasifikasikan anak yang stunting? Mohon penjelasannya 🙏
11:15 04/07/2021
Gita Zeny Prasetya, S.Gz ahligizi
Halo Kak Arini, terima kasih sudah bertanya di DIETDUCATE :) Izin menjawab pertanyaan Kakak yaa.. Stunting/kerdil sendiri merupakan permasalahan kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dari bayi sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, dan hal ini ditandai dengan panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur (PB/U atau TB/U). Kondisi ini diukur dengan panjang atau tinggi badan yang menunjukkan angka di bawah minus dua standar deviasi (-2 SD) median standar pertumbuhan anak dari WHO. Sedangkan faktor perkembangan kognitif yg kurang optimal ini adalah kemungkinan efek yg dapat ditimbulkan di masa yg akan datang. Balita stunting di masa yang akan datang berisiko mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan fisik dan kognitif yang optimal (dibandingkan dengan teman sebayanya dengan status gizi baik pada masa balita). Jadi meski kondisi anak aktif dan kognitif tergolong normal, anak tersebut tetap dapat diklasifikasikan stunting apabila TB/U atau PB/U nya di bawah -2 SD. Mungkin sekian penjelasan dari saya, semoga dapat sedikit memberi pencerahan ya Kak, Stay Healthy :)
14:03 02/08/2021