[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya ingin menurunkan berat badan, dengan cara olahraga ringan dan angkat beban. Saya hanya blm menemukan diet yang cocok untuk saya, gimana cara nya memilih makanan yg sehat untuk diet, saya ingin defisit kalori
17:42 08/07/2021
Septimike Yourintan Mutiara, A.Md. Gz ahligizi
Hallo kak, terima kasih sudah mengajukan pertanyaan kepada kami
Sebelumnya saya izin bertanya, kakak ingin menurunkan berat badan dalam rangka apa? Berat badan kakak saat ini dalam batas ideal atau bagaimana?
Sebelum kakak memutuskan untuk menurunkan berat badan, ada baiknya kakak mengecek terlebih dahulu status gizi kakak untuk mengetahui kondisi gizi kakak saat ini dan bisa memutuskan apakah kakak perlu menurunkan berat badan atau tidak. Jika boleh saya sarankan kakak bisa cek status gizi kakak terlebih dahulu melalui fitur "kalkulator gizi" yang ada dalam aplikasi ini.
Berdasarkan anjuran dari Kemenkes RI diet yang baik bagi orang sehat dengan IMT normal adalah dengan diet gizi seimbang. Diet gizi seimbang sudah diimplementasikan dalam bentuk isi piringku. Isi piringku ini adalah implementasi dari anjuran gizi seimbang untuk setiap kali makan, yang mana dalam isi piringku terdiri dari 1/3 makanan pokok (contoh: nasi, kentang, jagung, umbi-umbian, serealia, dll), 1/3 sayuran (semua jenis sayur), dan 1/3 lauk-pauk dan buah-buahan.
Namun, beda lagi dengan isi piringku yang dianjurkan oleh kemenkes yang khusus untuk orang obesitas. Bedanya adalah pada proporsi bahan makanan dalam izi piringku yang terdiri dari 1/2 piring berisi sayuran dan buah-buahan, 1/4 makanan pokok, dan 1/4 lauk pauk.
Untuk bahan makanannya sendiri, sebenarnya semua bahan makanan baik dikonsumsi (note: bagi orang sehat), asalkan disesuaikan jumlah, jadwal, dan jenis sesuai yang dibutuhkan. Biasanya salah satu bahan makanan yang sangat diperhatikan oleh orang yang sedang diet adalah konsumsi lemak. Dan biasanya orang yang sedang berdiet akan lebih dianjurkan untuk konsumsi lemak baik (lemak tak jenuh).
Seperti itu kak, jawaban yang dapat saya berikan. Semoga membantu😊
Silahkan menanggapi di kolom komentar apabila ada yang ingin ditanyakan kembali.
08:35 09/07/2021