[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Benarkah makan kubis bisa memperparah maag? Apakah sayur lain juga memperparah maag?
19:56 11/07/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo, terima kasih sudah bertanya di aplikasi dietducate...
Kubis adalah salah satu jenis sayuran yang dapat memicu perut memproduksi banyak gas setelah dikonsumsi. Banyaknya gas dalam lambung dapat memperparah kondisi gastritis/maag.
Selain kubis, buah dan sayuran lainnya adalah sawi, kembang kol, lobak, nangka, pisang ambon, durian, cempedak, nanas, kedondong, dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.
Tapi jangan khawatir yaa, masih banyak sayuran yang diperbolehkan yaitu sayuran yang tidak menimbulkan gas seperti bayam, buncis, labu kuning, labu siam, wortel, kacang panjang, tomat, gambas, kangkung, kecipir, daun kenikir, ketimun, daun selada, dan taoge.
Gastritis dapat disebabkan pula dari hasil makanan yang tidak cocok. Makanan tertentu yang dapat menyebabkan penyakit gastritis, seperti buah yang masih mentah, daging mentah, dan makanan yang banyak mengandung krim atau mentega.
Bukan berarti makanan ini tidak dapat dicerna, melainkan karena lambung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna dan lambat meneruskannya kebagian usus selebih-nya. Akibatnya, isi lambung dan asam lambung tinggal di dalam lambung untuk waktu yang lama sebelum diteruskan ke dalam duodenum dan asam yang dikeluarkan menyebabkan rasa panas di ulu hati dan dapat mengiritasi.
Sekian, semoga membantu :-)
10:27 12/07/2021