[Diet Hipertensi ( Darah Tinggi)]
Mardhatillah Husaini
Makanan yang harus dihindari apa?
09:52 12/07/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo Mardhatillah, terima kasih sudah bertanya di aplikasi dietducate...
Hipertensi merupakan faktor resiko yang kuat terhadap terjadinya penyakit ginjal dan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung iskemik.
Nah, berikut yang dapat dilakukan untuk membantu mengontrol tekanan darah :
- Batasi asupan daging, mentega, keju, susu, krim, dan telur serta makanan olahan minyak kelapa.
- Hindari lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan olahan seperti biskuit, gorengan, dan snack kemasan.
- Baca dengan teliti label makanan, pilihlah yang mengandung lemak jenuh dalam kadar rendah dan bebas lemak trans.
- Cara pengolahan dengan cara memanggang, mengukus, atau merebus lebih diutamakan daripada menggoreng.
- Pilih ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol seperti salmon dan tuna.
- Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
- Pilihlah air putih sebagai minuman sehari-hari
- Konsumsi sodium (garam dapur) yang direkomendasikan adalah 1500 mg – 2300 mg per hari
Sekian, semoga membantu :-)
10:14 12/07/2021
Mardhatillah Husaini
Terima kasih 🙏
11:00 12/07/2021