[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Saya mempunyai riwayat asam lambung. Berat badan saya selalu turun, apakah itu pengaruh dari asam lambung? Saya ingin menaikkan nerat badan, Saya udah mencoba menghitung asupan kalori per hari yang harus dikonsumsi. Tapi pas dihitung kebutuhan kalori per hari saya belum terpenuhi. Saya lumayan sulit menentukan menu sehari2 yang mencukipi kebutuhan kalori saya. Karena kadang mikir2 buat mengkonsumsi makanan yg tidak beregek ke asam lambung saya. Mohon bantuannya untuk saya kira2 makanan apa hanv bsa saha makan yang tinghi kalori, bergizi tapi tidak berbahaya buat asam lambung saha. Terima kasih
15:58 16/07/2021
Cristin Octaviani Sagala, S.Gz ahligizi
Halo, saya akan coba bantu menjawab. Untuk makanan yg disarankan agar tidak membahayakan lambung atau tidak membuat asam lambung naik adalah makanan yg tidak bergas, tidak pedas dan tidak merangsang lambung. Contoh bahan pangan yg bergas : ketan, tape, kol, kembang kol, sawi putih, sawi hijau, caisim, ubi, kopi, teh, coklat, alpukat. Contoh bumbu yg merangsang lambung : jahe, paprika, cabai bubuk, cabai kering dan jenis cabai lainnya. Sebaiknya jumlah konsumsi bahan pangan di atas dibatasi atau bahkan dihindari untuk mencegah meningkatnya asam lambung. Saran saya, makanlah dengan porsi kecil namun sering. bisa menerapkan 6 x 1/2 porsi per hari yg artinya dalam 1 hari ada 3x makan utama dan 3x selingan dengan jumlah 1/2 porsi setiap makannya. Semoga membantu menjawab ya. Terima kasih😊
16:08 16/07/2021