[Anak Sekolah & Remaja]
Vae Tiolamon
aku lagi bingung harus diet apa soalnya aku pengen bisa keliatan kurus buat sweet 17 aku.. aktivitas aku in the meantime ini berkuda 3x seminggu, taekwondo 2x seminggu, berenang 1x seminggu.. banyak yang saranin aku buat jogging, tapi aku gak bisa jogging krn sering ngerasa paru2nya jd dingin gitu.. terus aku sekarang pola makan koko ku yaitu makan 1x sehari dengan kalori <1000 setiap hari.. Alhasil, beberapa hari lalu, pas aku turun dari kuda, badan ku seketika gemetaran dan sempoyongan.. akhirnya kemarin malam aku makan karena takut kalo paginya aku berkuda terus kejadian yang sama lagi.. aku personally emg ga suka makan nasi kak.. palingan juga aku kalo makan nasi itu dikit banget cuman buat formalitas doang biar badan ku ga gemetaran.. tapi beberapa minggu ini aku jarang banget makan nasi nya karena aku pikir biar lebih cepet turun BB nya.. Nah, dalam waktu 2 minggu pas aku liburan natal kemarin, aku makan sekali sehari dan jarang olahraga, BB ku dalam 2 minggu itu tiba2 turun 5 kilo.. terus juga aku ikutan diet re.juve tapi aku ekstrimin.. jadi yg harus nya 15 botol besar dalam 3 hari, aku jadiin 15 botol kecil dalam 3 hari.. aku pikir soalnya aku udah biasa puasa 3 hari 3 malam ga makan (urusan agama) jadi ga masalah.. dan, berat badan ku turun 1kg dalam 3 hari itu.. Nah, permasalahan ku sekarang ini adalah, BERAT BADANKU STUCK di angka 56 dari yang 61.. tadi nya udah jadi 55 malah naik 1kg lagi.. aku sekarang bingung harus pake diet apalagi kak.. aku memang dari kecil punya masalah dalam buang air besar, jadi ak tau kalo metabolisme aku itu gak bagus.. nah, sekarang gimana nge benerin ny? Aku ini anak asrama kak yang susah banget untuk clean eating gitu.. sayuran aja jarang ada di menu catering nya.. aku jd makin bingung kak.. Tinggi aku itu 156cm yang berati aku harus 46kg untuk bisa dibilang kurus sama orang2.. selama ini di sekolah aku selalu dipanggil gendut karena temen2 ku yg lain ga ada yang lebih gemuk dari aku kak.. di sweet 17 aku yang kurang dari 2 bulan lagi ini aku pengen confident dengan diriku sendiri.. aku mau dipandang cantik dan gak gendut sama orang2 karena ini hari besar ku.. semoga kakak bisa ngebantu aku ya...
23:15 17/01/2019
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
selamat malam, bantu jwab ya. masa remaja memang erat kaitannya dengan body image. ingin memiliki tubuh yang ideal sehingga memberikan daya tarik tersendiri. Tapi saya sarankan jika berat badan nya sudah pas, ideal, atau pada kategori normal artinya sudah cukup bagimu dan bagi kesehatan raga dan batinmu. jangan sampai ingin punya tubuh kurus tapi malah gampang sakit atau malah nanti timbul kelainan makan yang biasanya banyak terjadi dikalangan remaja. terapkan gaya hidup sehat dimulai dari pola makan teratur (3x makanan utama pagi siang malam serta 2 kali selingan di waktu menjelang siang dan menjelang sore). kuncinya hindari konsumsi makan yang banyak mngandung pengawet, makanan yang banyak minyak, serta minuman bersoda dan tinggi gula. aktivitas fisik min 39 menit per hari, istirahat cukup 8 jam perhari, hindari begadang di waktu malam, hindari stress, serta perbanyak membaca artikel tentang gizi. ingat jngan terlalu melakukan diet ketat karena akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan serta kesehatan mental. terimakasih 😊
21:56 03/02/2020