[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
kak, mohon diberi tahu cara menangani agar tidak susah buang air besar?
18:21 20/07/2021
Hallo,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
Yg harus dilakukan yaitu > 1. Menambah asupan serat
Menambah asupan serat dalam makanan yang Anda konsumsi dapat memperlancar pencernaan dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih padat, sehingga kotoran lebih cepat terdorong keluar dari usus.
Beberapa pilihan makanan berserat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi susah buang air besar adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Selain itu, hindari makanan atau minuman dengan kandungan gas tinggi, misalnya susu, minuman bersoda, makanan berlemak, dan sayuran tertentu seperti lobak dan kol, agar perut Anda tidak terasa kembung.
2. Mengonsumsi air putih lebih banyak
Kurang minum air putih bisa membuat kotoran di dalam saluran cerna mengeras, sehingga sulit dikeluarkan saat BAB. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa minum air putih atau air mineral setidaknya 8 gelas per hari.
Selain untuk mengatasi susah buang air besar, minum air yang cukup juga dapat menjauhkan Anda dari dehidrasi. Kebutuhan air di dalam tubuh dapat diukur dengan melihat warna urine.
Jika urine berwarna kuning pekat, itu tandanya bahwa Anda masih kekurangan cairan. Anda dapat minum air putih lebih sering atau lebih banyak jika masih kekurangan cairan atau jika masih merasa susah buang air besar.
3. Memperbanyak aktivitas fisik atau olahraga
Olahraga atau latihan fisik dapat meningkatkan pergerakan otot di saluran cerna atau usus. Oleh karena itu, Anda dapat rutin berolahraga, misalnya dengan berjalan kaki di sekitar halaman rumah selama 15–30 menit setiap hari untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi keluhan susah buang air besar.
4. Menghindari kebiasaan menahan buang air besar
Sediakan waktu yang cukup untuk buang air besar. Hindari terburu-buru apalagi menunda-nunda saat ingin buang air besar. Membentuk kebiasaan tersebut dapat membantu memperlancar buang air besar.
5. Menggunakan garam Epsom
Garam Epsom atau yang lebih dikenal dengan garam inggris juga dapat digunakan untuk mengatasi susah buang air besar. Kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom jika dilarutkan dalam air dapat mengatasi sembelit jangka pendek.
Anda dapat melarutkan sekitar 3–5 sendok teh garam inggris ke dalam 250 ml air putih hangat, kemudian aduk rata dan diminum. Untuk anak-anak usia 6–12 tahun, cukup larutkan 2 sendok teh pada air minum hangat.
Namun, metode ini tidak efektif untuk pengobatan jangka panjang dan tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun.
Selain diminum, garam Epsom juga dapat digunakan untuk mandi. Caranya, campurkan 350 garam Epsom di dalam bak mandi atau bathtub berisi air hangat, kemudian berendamlah.
Pada saat berendam, kandungan mineral di dalam air garam Epsom dapat meresap ke dalam tubuh dan melancarkan pencernaan Anda, sehingga keluhan sembelit pun bisa teratasi.
6. Menggunakan minyak zaitun
Minyak zaitun dapat membuat tinja lebih lunak, sehingga buang air besar lebih lancar. Anda bisa mencampur satu sendok makan extra virgin olive oil pada segelas air jeruk untuk kemudian diminum.
Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran salad. Namun, perlu diingat bahwa minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk mengatasi masalah susah buang air besar dalam jangka panjang.
Jika sembelit sudah berlangsung lama atau jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi keluhan susah buang air besar yang Anda alami, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.
Semoga Membantu 🙂
04:06 21/07/2021
anonim
terima kasih kak
04:58 21/07/2021