[Lainnya......]
Muarif Smart AL-Faridzi
Hallo,, Saya bbrp waktu lg USG ditemukan Batu di Empedu (tanpa gejala sakit), masih blm siap untuk operasi dan disarankan menghindari makanan berlemak. Di saat bersmaan sy Positif COVID dg gejala ringan tp Nafsu makan sangat kurang sehingga selesai ISOMAN berat badan turun 7 Kg. Pertanyaannya, Bgmn cara menaikan Berat Badan namun terkendala pantangan Batu empedu. Pola makan sehat yg bisa menaikkan berat badan. Trimksh
20:08 24/07/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Pembentukan batu empedu lebih berisiko terjadi pada orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak, menderita obesitas, sering merokok, memiliki kolesterol tinggi, atau mengalami penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat. Selain itu, wanita hamil, orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu (misalnya pil KB), atau penderita penyakit hati juga lebih berisiko terkena batu empedu. Bagi pengidap batu empedu disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat bisa didapat dari sayur dan buah buahan, kemdian bisa juga dengan jenis makanan biji bijian, dan juga sumber omega 3 seperti minyak ikan dan minyak zaitun yang dapat membantu proses pengosongan kantung empedu. Pembatasan konsumsi daging dengan andungan lemak yang tinggi. Perbanyak mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti dada ayam dan puith telur.
12:52 05/02/2022