[Lainnya......]
anonim
Malam,, Menu Sehat untuk Penderitaan Batu Ginjal & Batu Empedu Gmn Dok?
20:19 24/07/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Halo, terima kasih sudah bertanya. Pembentukan batu empedu lebih berisiko terjadi pada orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak, menderita obesitas, sering merokok, memiliki kolesterol tinggi, atau mengalami penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat. Selain itu, wanita hamil, orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu (misalnya pil KB), atau penderita penyakit hati juga lebih berisiko terkena batu empedu. Bagi pengidap batu empedu disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat bisa didapat dari sayur dan buah buahan, kemudian bisa juga dengan jenis makanan biji bijian, dan juga sumber omega 3 seperti minyak ikan dan minyak zaitun yang dapat membantu proses pengosongan kantung empedu. Hindari konsumsi daging dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, lemak dari sumber hewani diganti menggunakan lemak nabati dalam mengolah makanan sehari hari.
18:02 02/02/2022