[Bayi & Balita]
anonim
Anak sy hampir 3th bb nya kurang dr 15kg. Bagaimana cara agar makan ga diemut dan dia bisa nafsu makan ya. Berbagai cara sdh sy tempuh
17:06 25/07/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Bunda, pasti timbul rasa khawatir ya melihat Si Kecil makan diemut dan kurang nafsu makannya. Si Kecil yang suka mengemut makanannya dapat disebabkan oleh:
1. Memberikan terlalu banyak makanan sekaligus dalam satu suapan. Mungkin jumlah tersebut sudah melebihi kemampuan mulut Si Kecil untuk menampung dan mengunyah makanan.
2. Kebiasaan mengemut makanan pada anak juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang mengganggu konsentrasinya untuk makan. Misalnya, film kartun di televisi, gadget, atau kegiatan bermain.
3. Rasa makanan yang hambar dan tidak bervariasi, atau ketika Si Kecil baru saja diberikan makanan dengan tekstur yang lebih sulit untuk dikunyah.
Untuk membantu mengatasinya, berikut tips yang dapat Bunda lakukan ya:
1. Beri kebebasan Si Kecil dalam memilih makanan
Bila memungkinkan, ajaklah Si Kecil saat berbelanja bahan makanan. Bebaskan ia untuk memilih makanan yang menarik perhatiannya. Misalnya, makanan dengan warna yang cantik, atau dengan rasa yang disukainya. Namun, pastikan makanan yang dipilih Si Kecil memiliki gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya ya, Bunda.
2. Makan bersama anggota keluarga yang lain
3. Buat suasana makan menyenangkan. Contohnya, sambil mengajak Si Kecil bermain tebak-tebakan.
4. Berikanlah Si Kecil makanan dalam porsi yang kecil, namun dengan durasi yang lebih sering. Terlebih bila Si Kecil terlihat sering kesulitan untuk menghabiskan porsi makanan yang biasa Bunda berikan kepadanya.
5. Cobalah berikan makanan dalam bentuk yang beragam, misalnya makanan yang bentuknya padat dan cair. Namun, pastikan Bunda memberikan makanan yang padat terlebih dahulu.
Tetap semangat dan semoga berhasil membuat Si Kecil tidak mengemut makanannya dan kembali lahap makan. 💪
11:48 14/09/2021