[Masalah Berat Badan]
Adellia Tika Rahayu
Dok saya umur 20 tahun mau menurunkan berat badan dengan tinggi 160 mau nurunin ke 50 kg
19:38 26/07/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo Adellia, terima kasih sudah bertanya di dietducate...
Sebelum mulai menurunkan berat badan, yang perlu dipahami adalah menurunkan berat badan idealnya adalah 0,5-1 kg/minggu. Tidak direkomendasikan melakukan diet ekstrem untuk mempercepat penurunan berat badan. Jangan sampai diet yang dilakukan justru menimbulkan masalah kesehatan lainnya ya. Nah, kamu bisa mulai dengan langkah2 dibawah :
1. Energi yang masuk (makanan) = Energi yang keluar (aktivitas). Usahakan sesuaikan asupan makanan yang masuk dengan aktivitas kamu.
2. Mengonsumsi makanan yang baik, sehat dan seimbang . (Sebaik-baiknya makanan, jika dimakan berlebihan juga kurang baik ya ). Lengkapi makanan dari sumber karbohidrat, lauk, sayur dan buah.
3. Aktivitas fisik atau olahraga (Jangan sedih ya, bersih2 rumah, jalan2 di pasar, memasak juga termasuk olahraga kok)
4. Puasa (tapi inget ya, buka puasa secukupnya aja, gak boleh berlebihan)
5. Motivasi dan pendampingan dari ahli gizi (ini penting ya)
Untuk info tambahan, kamu bisa akses artikel kami https://ahligizi.id/blog/?p=75
Sekian, semoga membantu 😊
12:09 31/07/2021