[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Selamat pagi, saya mau bertanya, saya memiliki maag dan ingin menurunkan bb itu saran diet yang baik bagaimana ya, soalnya saya tergolong kategori pre obesitas. Terimakasih
08:24 28/07/2021
Dias Rindiannisa, S.Gz ahligizi
Halo terima kasih sudah bertanya
Agar kamu dapat menjalani program diet tanpa memicu timbulnya sakit mag, berikut tips diet yang perlu diperhatikan.
1. Miliki pola makan yang teratur. Waktu makan diusahakan selalu sama setiap harinya. Ini akan membuat lambung menyesuaikan diri dan mengantisipasi kapan kira-kira tubuh akan mendapatkan makanan. Dengan demikian, asam lambung pun dikeluarkan di waktu yang tepat.
2. Terapkan prinsip small frequent feeding. Artinya, konsumsilah makanan dengan porsi yang lebih kecil tapi lebih sering. Ini karena semakin besar jumlah makanan yang dikonsumsi maka jumlah produksi asam lambung pun semakin tinggi.
Frekuensi makan yang ideal bagi penderita mag ialah 5 kali sehari dengan pembagian 3 kali makan besar diselingi 2 kali camilan. Karena tujuannya juga untuk berdiet, pastikan jumlah kalori yang dikonsumsi tidak lebih dari yang dianjurkan. Untuk camilan, sebaiknya konsumsi buah-buahan ramah lambung, seperti melon, semangka, pisang, mangga, pepaya, apel atau pir.
3. Hindari segala jenis makanan yang bersifat asam. Utamanya, buah-buahan seperti nanas dan buah sitrus (jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis).
4. Hindari makanan-makanan yang memicu keluhan. Beberapa makanan dikenal bisa memicu keluhan mag, seperti cokelat, gorengan, dan makanan berminyak lainnya. Selain itu, ada juga makanan pedas dan bumbu seperti cabai, merica, paprika, serta makanan yang memproduksi gas seperti sawi, kol, kubis, dan nangka.
5. Perbanyak konsumsi makanan berserat. Ya, makanan berserat penting untuk diet Anda. Pastikan menu-menu ini ada dalam diet harian Anda: oatmeal, brokoli, wortel, polong-polongan, dan berbagai macam sayuran; serta makanan rendah lemak seperti ikan dan dada ayam. Selain mengenyangkan dan membantu diet, makanan-makanan ini pun ramah bagi lambung.
6. Hindari minuman bersoda dan yang mengandung kafein. Kopi memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, bila konsumsinya memperburuk keluhan mag, sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, konsumsilah teh hijau, yang lebih ramah lambung.
Teh hijau mengandung anti-peradangan dan memiliki kadar kafein yang jauh lebih rendah ketimbang kopi. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa konsumsinya dapat membantu menurunkan berat badan.
Selain memperhatikan apa saja yang perlu dikonsumsi, kamu juga perlu memodifikasi gaya hidup sehari-hari guna mencegah timbulnya keluhan maag saat menjalani program diet. Utamanya, dengan berhenti merokok dan membatasi atau sepenuhnya menghindari konsumsi alkohol. Rokok merupakan salah satu pemicu kuat produksi asam dan gas di dalam lambung. Akibatnya, keluhan mag bisa timbul kembali atau bertambah berat. Hal yang sama juga berlaku pada alkohol.
Selain mengatur makan dan memperhatikan komposisinya, kamu juga harus rutin berolahraga agar diet bisa optimal. Sebaiknya, berolahragalah setiap hari selama kurang lebih 30 menit. Kamu bisa mulai dari olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan seperti berjalan pagi, melakukan senam aerobik, bersepeda, atau berenang. Olahraga yang kompetitif seperti bulu tangkis, basket, sepak bola, dan tenis juga bisa dilakukan. Yang penting, kamu menyukainya, mampu melakukannya, serta mudah dilaksanakan.
Terakhir, kamu pun perlu memiliki pola tidur yang baik. Selain menunjang keberhasilan diet, pola tidur yang baik dapat mengurangi kekambuhan maag. Sebaiknya, kamu juga memiliki rutinitas tidur dan bangun di waktu yang kurang lebih sama, dengan lama tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya.
Salam Sehat
12:45 11/10/2021