[Masalah Berat Badan]
ANNISA N KHASANAH
Saya berusia 18thn, saya memiliki bb 80kg dan saya ingin menurunkan 30kg kira2 makanan yg hrus saya makan apa saja bu? dan bagaimana caranya agar bb saya cepat turun, krna saya juga tidak sempat untuk berolahraga
16:48 28/07/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo Annisa, terima kasih sudah bertanya di dietducate...
Sebelum mulai menurunkan berat badan, yang perlu dipahami adalah menurunkan berat badan idealnya adalah 0,5-1 kg/minggu. Tidak direkomendasikan melakukan diet ekstrem untuk mempercepat penurunan berat badan. Jangan sampai diet yang dilakukan justru menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Nah, kamu bisa mulai dengan langkah2 dibawah :
1. Energi yang masuk (makanan) = Energi yang keluar (aktivitas)
2. Mengonsumsi makanan yang baik, sehat dan seimbang. (Sebaik-baiknya makanan, jika dimakan berlebihan juga kurang baik ya )
3. Aktivitas fisik atau olahraga (Jangan sedih ya, bersih2 rumah, jalan2 di pasar, memasak juga termasuk olahraga kok)
4. Puasa (tapi inget ya, buka puasa secukupnya aja, gak boleh berlebihan)
5. Motivasi dan pendampingan dari ahli gizi (ini penting ya)
Untuk info tambahan, silahkan akses artikel kami https://ahligizi.id/blog/?p=75
Sekian, semoga membantu 😊
12:00 31/07/2021