[Anak Sekolah & Remaja]
ardelita fadhlillah
Cara menaikkan berat badan jika nafsu makan sangat kecil
00:36 29/07/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo, Ardelita. Terima kasih untuk pertanyaannya ya :) Saya ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk saat ini ya. Pertama, makanlah dengan porsi kecil namun sering. Misal makan utama di jam 6, 12, dan 18 lalu makan selingan di jam 9, 15, atau 21. Daripada hanya 1 atau 2 kali makan dalam sehari, sebaiknya jadwal makan dibagi menjadi beberapa waktu makan meskipun porsi tiap makan hanya sedikit. Sesuaikan dengan jadwalmu ya, dan usahakan disiplin yaitu ketika sudah memasuki jam makan ya sebaiknya segera makan. Kedua, makan makanan yang lebih bervariasi dan tentunya kaya akan gizi. Mungkin kamu merasa tidak nafsu makan karena makanannya hanya itu-itu saja, jadi bisa dicoba untuk lebih memvariasikan makanan. Misalnya, sumber karbohidrat tidak harus selalu nasi putih. Bisa juga nasi merah, singkong, jagung, umbi-umbian. Variasikan pengolahannya agar tidak bosan. Namun, kurangi snack-snack semacam keripik atau makanan/minuman manis, karena makanan tersebut cenderung tidak kaya akan zat gizi namun hanya tinggi energi (biasanya karena tinggi lemak dan tinggi gula). Terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti ini yang mungkin bisa menyebabkan kamu merasa tidak lapar padahal belum mengkonsumsi makanan lengkap yang kaya akan gizi. Ketiga, coba tambah aktivitasmu sehari-hari. Kurangi bermalas-malasan di kasur terlalu lama, meskipun dalam kondisi pandemi yang dibatasi aktivitas di luar rumah. Bisa dengan beraktivitas di dalam rumah, atau di halaman rumah ya. Aktivitas yang cenderung sedentary akan membuat pertumbuhan anak dan remaja menjadi tidak optimal. Padahal jika tubuh kita aktif, dengan begitu pasti tubuh juga akan lebih sering memberikan sinyal lapar karena energi yang kita keluarkan untuk aktivitas juga besar, yang akhirnya membuat kita jadi lebih sering makan atau makan lebih banyak. Ketika sinyal lapar muncul, jangan tunda untuk makan. Kalau ditunda, yang ada malah berat badan semakin turun karena cadangan energi di dalam tubuh terus menerus dipakai. Mungkin itu dulu tips dan saran dari saya. Semoga membantu, Ardelita. Sehat selalu yaa :)
07:01 29/07/2021