[Masalah Berat Badan]
Miftakhul Vivi
Saya jarang makan, tpi berat badan cepet bgt naikk
09:34 29/07/2021
Hallo Kak Vìvi,,, Terimakasih sdh bertanya di Dietducate:
1. Gangguan kelenjar tiroid
Hipotiroidisme adalah gangguan kelenjar tiroid yang menyebabkan tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Hormon tiroid berperan untuk mengatur metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh melambat, efeknya bisa memicu kenaikan berat badan.
2. Penuaan > Semakin bertambahnya usia, kerja metabolisme melambat secara alami. Selain itu, tubuh juga akan kehilangan jumlah otot-ototnya karena aktivitas fisik semakin sedikit.
Otot adalah jaringan yang efisien membantu pembakaran lemak. Sehingga, kehilangan jumlah otot, membuat orang akan membakar lebih sedikit kalorinya dalam tubuh.
3. Retensi air > Retensi air (edema) adalah kondisi penumpukan cairan di bawah kulit. Semakin besar penumpukannya, maka berat badan pun semakin bertambah. Cairan ini bisa menumpuk di bagian pergelangan kaki, tangan, wajah, atau perut.
Kondisi retensi air ini bisa terjadi karena berbagai macam gangguan kesehatan. Contohnya, orang yang mengalami gagal jantung, penyakit ginjal, atau yang sedang menggunakan obat tertentu.
4. Stres atau depresi > Stres berat atau bahkan depresi dapat menjadi faktor penyebab berat badan bertambah tanpa disadari.
Semoga membantu 🙂
Jika masih yg ad ditanyakakan silahkan chat dikolom chat ya...
Terimakasih 🙏
05:32 30/07/2021