[Masalah Berat Badan]
Titania D Gray
Dear Dokter, bagaimana menurunkan berat badan dg pola makan yg sehat tapi biaya terjangkau? Usia saya 31 tahun, tinggi 160 cm dan berat 77 kg. Saya ingin menurunkan berat badan sampai 60 kg (berat saya 6 th lalu). Bagaimana caranya? Sementara mayoritas saya menghabiskan waktu di Kantor (kurang gerak). Terimakasih Dok
05:07 19/01/2019
Shahnaz Alviana S.ST ahligizi
Hallo,
Terimakasih telah bertanya di AhliGiziID.
Berdasarkan Indeks Massa Tubuh yang diperoleh dari perhitungan berat badan dan tinggi badan, Anda mengalami kelebihan berat badan tingkat berat dengan indeks massa tubuh 30.07 kg/m2.
Diet untuk menurunkan berat badan yg baik bisa dilakukan secara bertahap. Salah satunya adalah dengan mengurangi porsi makan, mengganti junk food dengan cemilan yg lebih sehat seperti buah-buahan (pepaya, semangka, pisang, dll).
Selain itu, olahraga sangat dianjurkan untuk menunjang proses menurunkan berat badan. Jika tidak memungkinkan untuk berolahraga setiap hari, olahraga bisa dilakukan saat weekend asalkan dilakukan secara rutin. Misalnya jogging/lari mengelilingi kompleks perumahan Anda saat hari sabtu dan minggu.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Diet untuk menurunkan berat badan bisa dibaca artikel di bawah ini.
https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/12/1/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Semoga bermanfaat
08:28 22/01/2019