[Masalah Berat Badan]
Eli Yani
dok, saya ibu dengan tinggi 155 dan berat 70kg. saya ingin pola diet sehat untuk seminggu, sebaiknya bagaimana ya dok ?
03:23 21/01/2019
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Halo Ibu!
Terimakasih sudah menggunakan layanan AhliGiziID
Jika dihitung dengan menggunkan rumus indeks massa tubuh (IMT) maka Ibu termasuk ke dalam kategori gemuk tingkat berat. Untuk alasan kesehatan, sebaiknya Ibu mulai melakukan diet penurunan BB diikuti dengan olahraga rutin yang ringan namun bisa Ibu lakukan dengan mudah. Adapun Bb yang ideal untuk Ibu adalah di kisaran 51-60 kg. Tentu saja penurunan bb Ibu sebaiknya dilakukan bertahap dan membutuhkan waktu. Penelitian menunjukkan bahwa srbaiknya penurunan bb yang sehat adalah 0.5 kg - 1 kg per minggu.
Untuk pemilihan makanan, sebaiknya yang masih dapat Ibu jangkau. Makanlah seperti biasa Ibu namun dengan pilihan yang lebih rendah energi. Hal ini dapat dicapai dengan mengurangi konsumsi gula pasir (maks 6 sendok teh), banyak makanan berserat seperti sayuran dan buahan yang juga dapat menunda lapar, kemudian hindari makan yang dimasak dengan digoreng. Ibu bisa memilih makanan yang dipanggan, dikukus, direbus, atau dipepes, bukan yang digoreng dengan metode deep frying seperti ayam goreng misalnya.
Semoga membantu!
15:16 23/01/2019